Malang (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kota Malang mulai menyosialisasikan perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September mendatang melalui pemasangan stiker kompetisi olahraga terakbar di Asia itu di kaca belakang seluruh kendaraan dinas.

Pemasangan stiker Asian Games XVIII itu dilakukan bersamaan dengan pemasangan PIN Asian Games bagi aparatur sipil negara (ASN) oleh Plt Wali Kota Malang Sutiaji? di halaman Balai Kota Malang, di Malang, Jawa Timur, Senin.

"Pada 20 Juli nanti kita harus menunjukkan kekuatan secara bersama-sama. Semangat profesionalitas dan fairplay dalam kehidupan ASN. Tidak boleh ada prasangka yang tidak baik terhadap saudara dan teman kita, dan seperti itulah olahraga," kata Sutiaji.

Semangat dan kerja sama tim, katanya, harus ditingkatkan. Etos kerja dan budaya kerja ditingkatkan dengan saling mengisi satu dengan lainnya agar tercipta supertim.

"Manusia tidak ada yang sempurna, tapi ada yang lebih untuk menutupi yang kurang. Itu salah satu filosofi dari olahraga yang bisa kita ambil sebagai pelajaran," ucapnya.

Filosofi olahraga harus menyatu dengan diri masing-masing ASN. Demikian pula ketika bermusyawarah, berdebat dan memberikan saran harus tetap menjadi satu persatuan ASN Kota Malang. Selain itu, harus menguatkan professionalitas.

"Sekedar baju apalah artinya, tapi hati kita satu adalah warga negara Indonesia. Merah putih menjadi kekuatan kita semua untuk menyatukan ide bangsa dan kepentingan bersama," ujarnya.

Johan Fuadi, Lurah Kidul Dalem yang secara simbolis mewakili penyematan PIN Asian Games untuk ASN Kota Malang? menyatakan kesiapannya dalam perhelatan pawai obor Asian Games.

"Kelurahan Kidul Dalem nantinya akan dilewati pawai obor Asian Games dan saya siap akan sosialisasikan ke warga untuk memeriahkan pawai itu," ucapnya.

Pawai Obor Asian Games 2018 rencananya bakal melintas di Kota Malang pada Jumat, 20 Juli 2018. Obor yang dinyalakan dengan api abadi itu juga bakal menginap semalam di Balai Kota Malang.

Pemkot Malang juga telah menyiapkan penyambutan Pawai Obor Asian Games, yakni dengan konvoi maupun penampilan dari ratusan atlet, seniman, komunitas dan sejumlah pihak terkait.

Setelah melintas di Malang, Pawai Obor Asian Games bakal diarak menuju ke Gunung Bromo pada Sabtu 21 Juli 2018.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018