Trenggalek (Antaranews Jatim) - Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak hadir dalam Pembukaan Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bakti Husada VI Tahun 2018 tingkat Provinsi Jawa Timur di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek, Selasa (10/7).

Ikut mendampingi Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin beserta seluruh jajaran Forkopimda setempat.

Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bakti Husada VI itu juga dihadiri staf ahli Menteri Kesehatan RI, Pattisipanus Robrat Johan, Kepala Kesehatan Privinsi Jawa Timur Johar Hari Santoso, Danlanal Malang Kolonel Laut Nanang Hariyono, dan Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur A.R Purwadi.

Emil menyampaikan, gerakan pramuka merupakan wadah pendidikan luar sekolah dan luar keluarga yang dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan yang menarik, menantang dan menyenangkan dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan.

"Kegiatan pramuka menjadi inisiatif yang menjadi andalan kita dalam mencetak generasi muda yang mandiri kreatif dan yang berdedikasi untuk membantu mengabdi kepada masyarakat," kata Emil.

Perkemahan Bhakti Satuan Karya Pramuka Bhakti Husada ke IV Tingkat Daerah Jawa Timur Tahun 2018 merupakan pertemuan anggota pramuka se-Jawa Timur dengan melakukan kegiatan yang inovatif, kreatif serta mengandung unsur bakti masyarakat.

Kegiatan kepramukaan ini dikemas dengan mengedepankan upaya promotif dan preventif melalui gerakan masyarakat untuk hidup sehat dengan pendekatan keluarga.

"Ketika ditunjuk sebagai tuan rumah saya langsung berinisiatif  memilih lokasi di pinggir pantai. Hal ini akan memberikan pengalaman kemah pantai yang jarang kita temukan, kita suguhkan pemandangan indah Samudera Hindia yang memiliki pemandangan yang sangat indah," kata Emil.

Kata dia, untuk wilayah Samudera Pasifik atau wilayah pantai utara sudah banyak berkembang.

Menurut Emil, kawasan timur Sumatera juga sudah berkembang. Diharapkan dengan demikian para kawula muda tertuju kepada kawasan selatan Samudera Hindia agar cita-cita kita mewujudkan poros maritim dunia dengan tidak hanya mengusai samudera Pasifik melainkan juga Samudera Hindia.     

"Panggung 360 di Pantai Prigi ini merupakan salah satu wujud komitmen kami menjadikan wilayah selatan sebagai pilar kemajuan pesisir selatan," kata Emil. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018