Surabaya (Antaranews Jatim) - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meresmikan Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Airlangga Surabaya, Rabu yang merupakan rumah sakit hewan pendidikan pertama di Indonesia.

Menristekdikti usai peresmian mengatakan, dengan diresmikan rumah sakit itu diharapkan dapat memberikan pembelajaran kepada para dosen dan mahasiswa terkait peningkatan kompetensi di bidang kesehatan hewan.

"Ini penting bagi kami supaya mencintai sesama mahkluk Tuhan yang diharapkan bisa memunculkan simbiosis mutualisme. Rumah sakit seperti ini baru satu, ya di Unair. Selamat kepada Unair yang punya rumah sakut hewan pendidikan," kata dia.

Dia menyarankan, rumah sakit hewan pendidikan Unair tidak hanya untuk binatang peliharaan tapi juga hewan-hewan yang akan dikonsumsi seperti ayam, sapi dan kambing.

"Harapannya supaya meningkatkan nilai tambah. Juga untuk menjaga kesahatan hewan yang akan dikonsumsi manusia jangan sampai terkena penyakit kuku dan penyakit mulut," tuturnya.

Rektor Unair Porf Mohammad Nasih menjelaskan, Rumah Sakit Hewan Pendidikan Unair telah sejak 1 Januari 1972. Namun berdasarkan SK Menteri Pendidikan kala itu, lokasi rumah sakit yang berada di Jalan Setail nomor 1 dipindahkan ke Kampus C Unair pada 1 Januari 2000.

"Untuk pembukaan perdana gedung baru sudah dilakukan 4 April lalu. Rumah sakit hewan itu juga sudah mulai beroperasi sejak 26 Juni," tuturnya.

Rumah sakit hewan pendidikan Unair mempunyai berbagai fasilitas modern antara lain unit bedah dan radiologi, unit acupressure, unit stem cell, unit konsultasi pakan dan kesehatan, unit laboratorium, unit hematologi, unit farmasi klinis, unit rawat inap dan titip sehat.

Selain itu ada unit kolam renang dan hidro teraphy, unit Pelayanan datang ke rumah (House Calling) dan juga dilengkapi beragam pendukung diagnosis modern, seperti USG, serta Rontgen.

Berbagai layanan juga disediakan RS Hewan Pendidikan Unair yaitu Konsultasi kesehatan hewan, pemeriksaan untuk hewan sakit, pelayanan vaksinasi, pelayanan bedah minor dan mayor, radiologi, pemeriksaan darah serta grooming (mandi sehat). Rumah sakit buka Senin hingga Jumat mulai pukul 08.30-16.30 WIB. Serta hari Sabtu mulai pukul 09.00-13.00 WIB.

"Ini merupakan sarana pendidikan bagi mahasiswa berbagai jenjang, baik dari lingkup Unair sendiri maupun mahasiswa di luar Unair. Ini sarana nyata untuk wadah penelitian dan pengabdian ke masyarakat," ujar Nasih.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018