Surabaya (Antaranews Jatim) - Salah satu organisasi pemuda Perkumpulan Putera Surabaya (Pusura) mengapresiasi Kota Surabaya mendapat empat penghargaan internasional, salah satunya Lee Kuan Yew World City Prize kategori Special Mention di Singapura pada Senin (9/7).
     
Ketua Pemuda Pusura Hoslih Abdullah, di Surabaya, Rabu, mengatakan penghargaan yang diperoleh Kota Surabaya, bukan hanya kali ini saja, tetapi banyak juga penghargaan-penghargaan lain yang didapat selama kepimpinan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.
     
"Kami bangga dengan beliau (Risma) yang berjuang untuk kebaikan Kota Surabaya," kata Hoslih Abdullah yang juga Ketua KONI Surabaya ini.
     
Meski demikian, lanjut dia, pihaknya berharap hasil pembangunan di Kota Surabaya bisa dirasakan oleh semua warga baik yang berada di kawasan Surabaya pusat kota maupun di pinggiran kota.
     
Hal ini, lanjut dia, perlu dilakukan agar tidak ada kesenjangan sosial di kalangan lapaisan masyarakat. "Semua warga bersama-sama ikut membangun Surabaya lebih baik. Tentunya harus menjaga kerukunan di antara semua warga," ujarnya.   
     
Selain Lee Kuan Yew World City Prize, Surabaya juga mendapatkan tiga penghargaan internasional lainnya yakni ASEAN Tourism Forum (ATF) di Thailand, Global Green City PBB 2017 dan Learning City UNESCO.
     
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebelumnya mengatakan tujuan utama pembangunan Kota Surabaya ini bukan untuk penghargaan, melainkan kesejahteraan bagi warganya. 
     
Namun begitu, lanjut dia, kesejahteraan kota itu perlu ada parameternya dan harus terukur dan bisa diukur, sehingga dengan penghargaan ini capaian utama itu bisa terlihat. 
     
"Saya juga baru tahu kalau tim juri dari penghargaan Lee Kuan Yew ini ada 26 orang, dan yang datang ke Surabaya hanya tujuh orang. Jadi, kalau Surabaya lolos, itu memang karena Surabaya ini dinilai lebih dibanding kota-kota lainnya," katanya.
     
Selain itu, lanjut dia, Kota Surabaya ini sudah sejajar dengan kota-kota besar lainnya dengan dibuktian Surabaya mendapatkan penghargaan Lee Kuan Yew World City Prize kategori Special Mention bersama dengan tiga kota lainnya yakni Hamburg (Jerman), Kazan (Rusia) dan Tokyo (Jepang). (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018