Bangkalan (Antaranews Jatim) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemkab Bangkalan, Jawa Timur kini mulai melakukan pembinaan pada pesepak bola usia dini, sebagai upaya meningkatkan prestasi olahraga dan mencari bibit-bibit muda berprestasi di dunia olahraga sepak bola.

Menurut Kepala Dispora Pemkab Bangkalan Moh Saad Asjari di Bangkalan, Senin, olahraga sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga yang paling digemari oleh masyarakat Bangkalan secara khusus dan masyarakat Madura pada umumnya.

Apalagi, saat ini sudah ada klub sepak bola yang menjadi kebanggaan masyarakat Madura dan telah membawa harun nama Madura di kancah dunia sepak bola, yakni klub sepak bola Madura United FC.

"Melalui pembinaan olahraga pada pesepak bola usia ini, kami ingin memfasilitasi anak-anak muda pecinta olahraga sepak bola agar mereka bisa terarah dalam menyalurkan kecintaannya pada sepak bola," ujar Saad Asjari.

Apalagi, sambung dia, klub sepak bola profesional yang ada di Madura tersebut, yakni Madura United FC kini mulai merekrut calon pemain usia muda dari pemuda Madura.

"Melalui pembinaan yang kami lakukan ini, Bangkalan ingin mengisi peluang emas ini, sehingga banyak pemuda-pemuda di Bangkalan ini yang bisa mengisi pemain muda di klub Madura United nantinya," ucap Asjari menambahkan.

Salah satu jenis pembinaan yang telah dilakukan Dispora Pemkab Bangkalan menurut dia, adalah festival sepak bola usia dini tingkat nasional.

Festival itu telah digelar Dispora Pemkab Bangkalan selama dua hari, yakni pada Sabtu (07/07) hingga Minggu (08/07) di Stadion Gelora Bangkalan.

Sebanyak 24 tim sepak bola terbagi menjadi tiga kelompok usia, U-10, U-12, dan U-14 ikut ambil bagian dalam festival itu.

Mereka berasal dari Mataram, Bali, Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, Jember, Gresik, Surabaya, dan Bangkalan.

Menurut Kepala Dispora Pemkab Bangkalan Moh Saad Asjari, festival sepak bola usia anak dan remaja ini sebagai upaya membangkitkan semangat pembinaan sepak bola usia dini.

"Sebab, banyak talenta sepak bola usia anak dan remaja di Bangkalan. Hanya perlu penyempurnaan saja dalam segi pembinaannya,"ungkap Asjari.

Ia mengungkapkan, pihaknya menggandeng Indonesia Soccer Academy (ISA) dan kegiatan itu dikemas dalam acara Aniversary Cup Ke-5 ISA dengan durasi waktu pertandingan antara 2x20 menit.

ISA merupakan sekolah sepak bola di Sidoarjo yang telah menelorkan banyak pemain Timnas U-15. Di antaranya Imam Fauzi, Januarius Wameka (dikontrak Barito Putra Liga 1), dan Brilian Aldama Timnas U-15.

Ada pula dua punggawa Timnas U-15 pelajar produk Mataram Soccer Academy (MSA), I Putu Krisna Saputra dan Marcel Januar Putra. Keduanya kini dikontrak Bali United.

Selain MSA, ISA juga mendirikan Lamongan Soccer Academy. Termasuk Bangkalan Soccer Academy yang dalam waktu dekat akan diresmikan. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018