Pamekasan (Antaranews Jatim) - Pasangan Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakilnya Elistianto Dardak unggul sebanyak 206.810 suara dibanding pesaingnya, yakni pasangan Calon Gubernur Syaifullah Yusuf dan Wakilnya Puti Guntor Soekarno Putri.

Hasil rekapitulasi manual yang digelar KPU Pamekasan di aula gedung PKPRI di Jalan Kemuning, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Kamis diketahui, pasangan Khofifah-Email meraih dukungan 343.494 suara, sedangkan pesaingnya Syaifullah Yusuf-Puti 136.684 suara.

"Jadi, pasangan Cagub/Cawagub Khofifah-Email unggul dibanding pasangan Cagub/Cawagub Gus Ipul-Puti," ujar Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah.

Rekapitulasi hasil perolehan suara Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim mulai pukul 09.00 WIB dan sekitar pukul 12.00 WIB selesai dilanjutkan rekapitulasi manual Pilkada Pamekasan.

Total jumlah warga yang menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 27 Juni 2018 itu sebanyak 499.387 orang.

Sementara itu, jumlah personel yang diterjunkan guna mengamankan pelaksanaan rekapitulasi hasil pemungutan suara itu sebanyak 456 personel.

Mereka itu terdiri dari 250 personel polisi, 6 orang dari POM TNI, 85 anggota Brimob Polda Jatim, 30 orang personel dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), 20 orang personel dari Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Pamekasan dan 75 orang personel dari Kodim 0826 Pamekasan.

Sistem pengamanan pada rekapitulasi hasil perolehan pemungutan suara pilkada Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan, serta Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim kali ini, dalam tiga lapis.

Lapis pertama di halaman aula PKPRI dan di dalam gedung, lapis kedua di Pintu Gerbang PKPRI dan lapis ketiga di jalan akses menuju gedung PKPR di Jalan Kemuning, Pamekasan.

Sejumlah personel bersenjata lengkap, dari Brimob Polda Jatim dan Polres Pamekasan terlihat berjaga-jaga di pintu gerbang gedung PKPRI dan di dalam ruang rekapitulasi.

Pilkada di Kabupaten Pamekasan digelar di 1.583 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan.

Warga Pamekasan yang terdaftar sebagai pemilih pada pelaksanaan pesta demokrasi ini sebanyak 680.392 orang, terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 328.430 orang dan pemilih perempuan sebanyak 351.962 orang.

Pilkada Pamekasan ini diikuti dua pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan. Masing-masing Badrut Tamam - Raja`e (Berbaur) dengan nomor urut 1 dan pasangan calon KH Kholilurrahman-Fathor Rohman (Kholifah) dengan nomor urut 2.

Sedangkan pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang bersaing memperebutkan dukungan masyarakat pada pemungutan suara yang akan digelar 27 Juni 2018 adalah Khofifah Indar Parawansa-Elistianto Dardak dengan nomor urut 1 dan Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno Putri dengan nomor urut 2. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018