Banyuwangi (Antaranews Jatim) - Sejumlah pebalap internasional dari berbagai negara akan ikut berlaga dalam ajang International Bicycle Motocross (BMX) di Sirkuit BMX Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, 14-15 Juli 2018.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemkab Banyuwangi Wawan Yadmadi di Banyuwangi, Kamis menjelaskan, atlet profesional asal Australia Jordan Callum yang baru saja menjadi Juara Dunia BMX Challenge Junior 2018 akan ikut berlaga di kompetisi BMX ini, bersama beberapa pebalap  dari Jepang, dan Malaysia yang telah mengonfirmasi untuk hadir.
 
"Tak ketinggalan antlet andalan Indonesia, yaitu Tony Syafrudin, Bagus Saputra, Rio Akbar, Wiji Lestari dan Cupi Novianti juga akan hadir," katanya.

Menurut dia, Timnas Indonesia akan menjadikan ajang BMX Banyuwangi sebagai pemanasan menuju ASEAN Games 2018. Diharapkan semua atlet bisa bertanding secara fairplay dan mendapatkan poin terbaik.

Ia menjelaskan Banyuwangi International BMX 2018 dibagi dalam dua kategori, yaitu regional dan internasional, yang terdiri atas 16 kelas, yakni challenge boys (usia 5-6 thn, 7-8, 9-10, 11-12, 13-14, 15,16), challenge girls (6-8, 9-10, 11-12, 13-14, 15-16), challenge men, junior men & women, serta elite men dan women.
 
“Selain itu kami menambahkan satu kelas baru, yakni pushbike yang bisa diikuti oleh anak-anak usia 4-5 tahun. Sepeda ini menggunakan tenaga dorong untuk menggerakkan sepedanya. Ini kami tambahkan karena sepeda pushbike yang sedang nge-trend saat ini," ujarnya.

Bupati Abdullah Azwar Anas menjelaskan pihaknya kembali menggelar kompetisi yang merupakan salah satu ajang untuk sport tourism sekaligus promosi wisata daerah itu.

Anas mengatakan, Banyuwangi International BMX merupakan salah satu ajang sport tourism yang digelar oleh kabupaten paling timur di Pulau Jawa itu sejak 2015. Ini adalah cara Banyuwangi untuk membidik pariwisata segmen komunitas khusus yang jarang dilirik daerah lain.

"BMX punya komunitas penggemar yang besar dan solid di Indonesia. Kami sengaja membidik segmen pasar tersebut yang belum dilirik daerah lain untuk mengembangkan pariwisata kami,"  ujarnya.

Banyuwangi International BMX Competition telah masuk kalender rutin Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International/UCI). Setidaknya 500 peserta dari dalam negeri dan mancanegara akan saling beradu kemampuan di ajang yang digelar di Sirkuit BMX Muncar, satu dari sedikit sirkuit berstandar internasional di Indonesia itu.(*)

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018