Malang (Antaranews Jatim) - Dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Dr Damat menciptakan beras analog berbahan baku utama umbi garut yang diberi label Beras Garut Kaya Antioksidan (Rasgadan) dan Beras Garut Kaya Bethasianidin (Rasganin).

"Umbi garut ini merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang jarang dilirik oleh masyarakat, padahal berdasarkan penelitian yang dilakukan sejak lama, umbi garut memiliki banyak manfaat, terutama bagi penderita maag dan diabetes," kata Damat di Malang, Jawa Timur, Selasa.

Ia mengaku beras yang selama ini menjadi sumber pangan pokok bagi warga Indonesia, ternyata belum cukup aman keberadaannya. Pada tahun 2017, Indonesia masih menduduki posisi kedua dengan jumlah konsumsi beras 140 kilogram per kapita, artinya Indonesia masih rawan dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

Berangkat dari kondisi ketahanan pangan nasional itu, katanya, pihaknya melakukan penelitian dan inovasi keanekaragaman pangan untuk membantu ketahanan pangan nasional. Salah satunya, inovasi beras analog yang berbahan baku umbi garut yang selama ini jarang dilirik.

Damat menjelaskan Rasgadan dan Rasganin merupakan dua produk beras analog yang kaya akan manfaat utamanya bagi penderita diabetes mellitus. Rasgadan adalah beras yang dibuat dari campuran pati umbi garut dan buah naga yang kaya akan antioksidan.

"Pemilihan  buah naga sebagai bahan campuran ini karena saya mencari bahan yang gampang didapat tapi belum maksimal pemanfaatnya," ucapnya.

Sementara itu, beras kedua adalah Rasganin yang merupakan campuran pati umbi Garut dengan ekstrak wortel yang merupakan sumber vitamin A. Produk beras ini dibuat untuk membantu menurunkan jumlah anak-anak yang mengalami Kekurangan Vitamin A (KVA), yang saat ini mencapai 60 persen.

"Kalau beras yang warna kekuningan ini, campurannya ekstrak wortel. Tujuannya untuk mengurangi jumlah anak-anak yang mengalami KVA," kata dosen Ilmu Teknologi Pangan (ITP) tersebut.

Tidak berhenti berinovasi dalam bentuk beras, dosen Jurusan Ilmu Teknologi Pangan ini juga telah mengembangkan produk tepung pati umbi garut ini sebagai campuran pembuatan Roti Fungsional dengan nama dagang UMM Bakery. "Kami berupaya untuk memanfaatkan potensi umbi-umbian yang jarang dilirik warga ini menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk membantu ketahanan pangan nasional," ujarnya. (*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018