Surabaya (Antaranews Jatim) - Sebanyak 4.462 peserta mengikuti Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) 2018 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Sabtu.

"Peserta ujian di PENS mencapai 3.616 orang dan PENS untuk jalur ini hanya menerima 300 mahasiswa," kata Humas PENS, Andri Suryandari saat dikonfirmasi di Surabaya.

Andri menjelaskan, terkait pilihan program studi, para peserta ini bisa memilih tiga program studi dengan ketentuan pilihan pertama dan kedua merupakan prodi yang ada di politeknik tempat dilaksanakannya ujian

"Semua peserta UMPN akan diurutkan menurut nilai ujiannya, kemudian dialokasikan pada program studi pilihannya, dengan ketentuan bahwa peserta yang lebih baik mendapat prioritas untuk dialokasikan lebih dahulu," ujarnya.

Andri melanjutkan, jika masih ada tempat di program studi pilihan pertama, peserta akan diterima di program studi pilihan pertama. Jika tempat pada program studi pertama telah penuh dan masih ada tempat di program studi pilihan kedua, begitu seterusnya.

Sebelumnya PENS sudah membuka jalur masuk melalui Penelusuran Minat Dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) untuk 300 mahasiwa baru.

"PMDK-PN sudah diumumkan 9 Mei lalu, jalur masuk tinggal Simandiri PENS dengan kuota 150 mahasiswa baru," ucapnya.

Sementara itu Humas PPNS, Nurul Hidayati mengungkapkan peserta ujian di PPNS sebanyak 1.026?orang, dengan kuota penerimaan sebanyak 150 mahasiswa baru.

"Untuk menetukan penerimaan nanti akan ada pertemuan forum direktur dan wakil direktur sebelum pengumuman. Dari pertemuan ini akan disampaikan peserta yang mungkin memilih politeknik lain selain politeknik yang jadi lokasi ujian," tuturnya.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018