Malang (Antaranews Jatim) - Perseroan Terbatas (PT) Anugerah Citra Abadi (ACA) Malang, Jawa Timur, selama bulan Ramadhan 2018 berkeliling untuk memberikan santunan kepada sekitar 16 ribu anak yatim dan kaum duafa di wilayah setempat dan sekitarnya atau Malang raya.

Komisaris Utama PT ACA Malang Iwan Kurniawan di Malang, Rabu mengemukakan, pemberian santunan kepada anak yatim dan kaum duafa ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pekan Islami yang digelar setiap tahun selama bulan Ramadhan.

"Pekan Islami tahun ini merupakan yang ke-12. Dan, jumlah anak yatim yang diberikan santunan serta bingkisan dari tahun ke tahun jumlahnya terus bertambah dan wilayah yang dijangkau juga semakin luas, terutama untuk wilayah Kabupaten Malang," kata Iwan Kurniawan.

Selain santunan, lanjutnya, pihaknya juga memberikan bingkisan berupa peralatan sekolah, seperti tas, buku, pensil, ballpoin, dan peralatan sekolah lainnya. "Untuk tahun ini desa yang kami jangkau mencapai 437 dan paling banyak di Kabupaten Malang yang mencapai ratusan desa," ucapnya.

Iwan menerangkan pemberian santunan tersebut dibagikan mulai awal Ramadhan hingga H-2 (13/5) Lebaran mendatang. "Kalau biasanya pemberian santunan pada bulan Ramadhan diberikan di satu titik (lokasi), kami memilih berkeliling, meski tidak seluruh desa bisa kami jangkau. Ada penerima dari beberapa desa yang dipusatkan di satu lokasi, demikian seterusnya hingga akhir Ramadhan nanti," tuturnya.

Hingga dua pekan bulan Ramadhan, Pekan Islami PT ACA sudah berkeliling ke sejumlah kecamatan untuk memberikan santunan dan bingkisan peralatan sekolah, di antaranya Kecamatan Tajinan, Bululawang, Pakis,Jabung, Tumpang, Donomulyo, Ngantang, Kasembon, dan Pujon.

Di sela kunjungan dan pemberian santuan tersebut, Iwan yang masa mudanya pernah bekerja di PT Astra itu juga memberikan pertanyaan (tebakan) berhadiah bagi santri dan santriwati berupa enam unit laptop dan empat paket umrah.

Selain memberikan santunan, setiap bulan Ramadhan mengadakan berbagai kegiatan agama dan memberikan parcel Lebaran bagi warga sekitar kantor PT ACA. Kegiatan keagamaan perusahaan tersebut ditutup dengan shalat Ied bersama di kawasan kantor, dimana perusahaan itu telah menyediakan sajadah bagi setiap jamaah yang setiap tahunnya rata-rata mencapai 20 ribu-25 ribu.

Usai shalat Ied biasanya ditutup dengan halal bihalal dan makan bersama di halaman belakang PT ACA dengan berbagai menu yang disiapkan belasan ribu porsi.(*)

 

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018