Trenggalek (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur berkomitmen mendukung proyek nasional membangun pelabuhan pelayaran perintis di Teluk Prigi, karena dinilai akan memacu pertumbuhan ekonomi kawasan pesisir tersebut.

"Karena ini proyek nasional dan ada tujuan jangka panjang yang baik untuk masyarakat, tentu hal ini harus didukung," kata Plt Sekda Trenggalek Kusprigianto di Trenggalek, Sabtu.

Sosialisasi rencana pembangunan pelabuhan kini terus dilakukan.

Salah satu yang sudah dijalani adalah kegiatan "focus group discussion" bersama jajaran Ditjen Perhubungan Laut, ASDP (angkutan sungai dan pelayaran), serta lintasi standing terkait.

"FGD dan sosialiasi yang lain bertujuan untuk memberikan pemahaman yang utuh terkait rencana pbangunan pelabuhan pelayaran perintis di Prigi," katanya.

Menurut Kusprigianto, Pemkab antusias menyambut proyek pelabuhan perintis itu karena melihat potensi ekonomi dalam program tersebut.

Selain distribusi ekonomi dan matang kian lancar dan murah, pelabuhan perintis akan membuat kesejahteraan masyarakat di pesisir utara dengan selatan lebih merata.

"Pelabuhan Prigi dapat menjadi akses ekonomi di wilayah Selatan, mengingat sumber daya alam yang mayoritas berada di wilayah Selatan Jawa akan tetapi pengiriman hasil sumber daya tersebut masih berkumpul di wilayah Utara," kata Kusprigianto.

Sementara itu, Kabid Perhubungan Laut dan LLASDP Dishub Jatim Nyono mengatakan bahwa pembangunan Pelabuhan Prigi sebagai rencana strategis pembangunan Nasional diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru, serta mengirangi disparitas antara wilayah selatan dengan utara Jawa.

"Dari pemerintah kami berusaha untuk tetap dilaksanakan. Tetapi memang ada beberapa masyarakat nelayan yang khawatir jika akses dari pembangunan ini mempengaruhi kehidupan mereka," ucap Nyono.

Untuk itu, menurutnya, terkait penolakan dari beberapa masyarakat pemerintah provinsi telah berkomitmen untuk memberikan fasilitas bagi masyarakat nelayan yang terdampak oleh pembangunan maupun operasional dari Pelabuhan Prigi tersebut.

"Nanti kami akan tetap sosialisasi terus, kita komitmen dengan Forpimda Trenggalek, bahwa ini adalah program pemerintah yang untuk menyejahterakan masyarakat, bukan untuk menyengsarakan masyarakat nelayan. Tidak. Kami punya komitmen untuk membantu nelayan, apa yang bisa kami bantu tentunya sesaui dengan tupoksi kami," kata Nyono saat melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Prigi Trenggalek. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018