Jember (Antaranews Jatim) - Bupati Jember Faida mengatakan tiga dermaga akan dibangun di pesisir selatan untuk mendukung sektor kemaritiman dan pariwisata di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Kami sebenarnya mengusulkan pembangunan empat dermaga, namun hanya tiga dermaga yang disetujui pemerintah pusat, yakni di Pantai Puger, Pantai Payangan, dan Pantai Getem," kata Faida di sela-sela sosialisasi keselamatan pelayaran di Gedung eks UPTD Pendidikan Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Selasa.

Untuk itu, lanjut dia, Pemkab Jember tengah mempersiapkan pembangunan tersebut dan mengupayakan satu dermaga menjadi salah satu destinasi wisata baru yakni wisata kuliner bahari di Kecamatan Puger.

"Ke depan Puger juga dijadikan wisata pesisir dan wisata bahari kuliner khusus ikan laut yang merupakan kerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, sehingga kita harus siapkan diri sejak sekarang," tuturnya.

Ia mengatakan di Kecamatan Puger akan dibangun tiga dermaga pesisir di sejumlah pantai selatan yang akan digunakan menjadi dermaga angkutan barang, angkutan jasa, dan dermaga itu juga akan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

"Selain pembangunan dermaga, di Kecamatan Puger juga akan dibangun gudang pendingin untuk menyimpan ikan hasil tangkapan nelayan, sehingga hasil tangkapan nelayan itu tidak akan habis dalam sekali," katanya.

Kementerian Kelautan dan Perikanan akan membangun infrastruktur "integrated cold storage" (ICS) atau fasilitas pendingin untuk ikan di perairan pesisir selatan Kabupaten Jember dengan cold storage 2 unit x 50 ton, ice flake machine 5 ton dan dilengkapi daya listrik sebesar 240 Kva.

"Nelayan di Jember sekitar 12.000 orang punya hak untuk mendapatkan sosialisasi pembinaan pelayaran, bahkan mereka juga akan mendapatkan asuransi nelayan yang akan dibagikan secara bertahap," ucap bupati perempuan pertama di Jember itu.

Di sela-sela kegiatan sosialisasi itu, Bupati Faida juga memberikan asuransi nelayan bagi nelayan yang telah mengalami kecelakaan di laut dan membagikan bahan pokok kepada nelayan yang tidak mampu.

Faida juga berharap dengan adanya pembangunan-pembangunan yang akan dibangun di Kecamatan Puger tersebut dapat dimafaatkan dengan maksimal dan meminta agar anak-anak nelayan puger tidak ada yang putus sekolah karena pendidikan di Jember ini sudah gratis.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018