Semarang (Antaranews Jatim) - Sebanyak delapan helikopter Apache AH 64E resmi diserahterimakan dari Kementerian Pertahanan kepada Panglima TNI sebagai bagian untuk memperkuat alat utama sistem pertahanan.

Serah terima yang dilaksanakan di Pangkalan Udara TNI Angkatan Darat (Lanumad) Ahmad Yani Semarang, Selasa, dipimpin langsung Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Menurut Ryamizard, Apache merupakan heli serang berteknologi tinggi. "Apache AH 64E merupakan heli berteknologi paling canggih saat ini," katanya.

Dia mengharapkan keberadaan heli di bawah TNI Angkatan Darat itu, dapat memperkuat terpeliharanya kedaulatan NKRI, khususnya di wilayah darat. "Pelajari penggunaan heli agar tidak ada kekeliruan yang tidak perlu," kata dia.

Ia juga meminta agar heli itu dijaga agar masa pakainya bisa seoptimal mungkin.

Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Erin Mckee mengatakan pembelian heli Apache itu sebagai bentuk kemitraan strategis antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Dia mengharapkan tambahan delapan heli yang harganya mencapai 41 juta dollar per unit itu, bisa memenuhi kebutuhan Indonesia dalam meningkatkan dan memodernisasi militernya.

Ia mengharapkan kerja sama di bidang pertahanan itu dapat berkelanjutan. (*)

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018