Jember (Antaranews Jatim) - Tingkat keterisian kereta api di wilayah Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur, meningkat selama libur Kenaikan Isa Al Masih dengan berbagai stasiun tujuan.

"Rangkaian kereta api dengan tujuan Surabaya yakni KA Mutiara Timur dan KA Probowangi sejak Rabu (9/5) hingga Kamis ini sudah penuh, bahkan KA Mutiara Timur malam nanti juga penuh," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daop 9 Luqman Arif di Jember, Kamis.

Sedangkan untuk kereta jarak jauh, lanjut dia, seperti KA Ranggajati, KA Sri tanjung dan KA Logawa okupansi rata-rata sekitar 85 sampai 90 persen, sehingga meningkat sekitar 5 persen dibanding hari biasa.

"Kenaikan okupansi penumpang tidak hanya terjadi pada KA jarak jauh dan menengah, bahkan kereta api lokal yakni KA Pandanwangi relasi Jember-Banyuwangi PP juga mengalami peningkatan untuk libur Kenaikan Isa Al Masih tersebut," tuturnya.

Tiket KA Pandanwangi dari dua kali keberangkatan di Stasiun Jember pada 10 Mei 2018 pukul 05.00 WIB dan 15.30 WIB sudah terjual habis, bahkan tiket berdiri pun juga sudah habis dibeli warga yang hendak menuju ke Kabupaten Banyuwangi.

"Semua rangkaian KA beroperasi sesuai jadwal dan diharapkan penumpang menikmati perjalanan untuk menuju stasiun tujuan dengan nyaman saat libur Kenaikan Isa Al Masih tersebut," katanya.

Salah seorang mahasiswa Indra bersama teman-temannya memanfaatkan libur sehari tersebut untuk berkunjung ke rumah temannya di Banyuwangi dengan membeli tiket KA Pandanwangi tujuan Banyuwangi.

"Kami sangat nyaman pergi ke Banyuwangi dengan KA Pandanwangi karena harga tiketnya yang sangat terjangkau bagi mahasiswa, sehingga pulangnya nanti kami juga sudah memesan tiket KA Pandanwangi yang murah meriah itu," ujarnya.

Di Daop 9 Jember tercatat setiap hari ada tujuh keberangkatan KA jarak jauh yakni KA Mutiara timur siang relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara timur malam relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Sri Tanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan, KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya.

Kemudian KA Tawang Alun relasi Banyuwangi-Malang, KA Logawa relasi Jember-Purwokerto, KA Rangga Jati, relasi Jember-Cirebon, sedangkan untuk KA lokal tercatat empat kali perjalanan yakni KA lokal?KA Pandan Wangi relasi Jember-Banyuwangi PP.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018