Surabaya (Antaranews Jatim) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia?Joseph R. Donovan Jr. mengunjungi Masjid Muhammad Cheng Hoo di Jalan Gading Kota Surabaya, Rabu.

"Ini merupakan kunjungan ketiga saya di Surabaya semenjak saya menjabat sebagai Duta Besar AS untuk Indonesia," kata Joseph R. Donovan Jr bersama rombongan Konjes AS di Surabaya.

Menurut dia, merupakan suatu kehormatan bagi dirinya bisa berkunjung ke Masjid Cheng Hoo dan bertemu dengan para pimpinan dan anggota Yayasan Masjid Cheng Hoo.

Joseph mengatakan keberadaan Masjid Cheng Hoo merupakan contoh yang luar biasa terhadap nilai toleransi, keberagaman dan rasa saling menghormati terutama kelompok minoritas.


"Saya harap baik Amerika maupun Indonesia bisa meningkatkan pertukaran nilai-nilai toleransi beragama karena itu bermanfaat bagi dua negara," katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Masjid Cheng Hoo yang sudah meluang waktu untuk mengajak rombongan Kedutaan Besar AS di Indoensia untuk keliling masjid Cheng Hoo.

Sementera itu, Ketua Yayasan Masjid Cheng Hoo Nurawi mengatakan kedatangan Duta Besar AS kali ini sudah yang kedua kalinya. "Tapi yang pertama bukan beliau (Joseph R. Donovan), tapi dengan dubes AS yang lama," ujarnya.

Kerja sama yang dibangun Dubes AS selama ini, lanjut dia, menghasilkan beberapa kesepakatan salah satunya pertukaran pelajar. "Pada November 2017, salah satu ustadz kami diundang ke Amerika untuk belajar mengenai persepsi kebersamaan agama dan budaya selama tiga minggu lebih," katanya.

Menurut dia, ini salah satu upaya yang dibangun bersama antara Masjid Cheng Hoo dengan Pemerintah AS untuk menyamakan persepsi keberagamaan agama dan budaya.

"Budaya Islam, di setiap negara berbeda tapi intinya sama," katanya.(*)
Video Oleh Abdul Hakim

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018