Kediri (Antaranews Jatim) - Sebanyak 150 warga di Desa Krecek, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mendapatkan fasilitas pengobatan gratis dalam kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan oleh PT Gudang Garam, Tbk, Kediri.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) PT Gudang Garam Tbk, Iwhan Tri Cahyono mengemukakan kegiatan bakti sosial kesehatan tersebut merupakan bentuk tanggung sosial perusahaan terhadap warga sekitar.

"Pengobatan gratis ini bukan pertama kalinya, namun hal ini juga bukan terakhir kalinya, PT Gudang Garam Tbk, memiliki perhatian besar kepada warga Kediri. Kebetulan kali ini kami di bidang kesehatan," katanya dalam acara tersebut di Balai Desa Krecek, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, Selasa.

Ia mengatakan, PT Gudang Garam, tidak hanya memberikan bantuan di bidang kesehatan juga program lainnya. Berbagai kegiatan sosial dilakukan secara rutin secara bergiliran pada warga di Kabupaten Kediri. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa PT Gudang Garam, Tbk, hadir dan bersama warga masyarakat berjalan beriringan meningkatkan taraf hidup lebih baik.

"Dengan kegiatan ini, kami bisa hadir di tengah-tengah masyarakat sebagai pendukung aktivitas mereka yang positif, sekaligus membantu warga kurang mampun di bidang kesehatan," kata Iwhan.
 

Sementara itu, Kepala Desa Krecek Krisbanu mengatakan kegiatan bakti sosial di bidang kesehatan itu sangat membantu warganya. Lokasi desa ini relatif jauh dari puskesmas dan rumah sakit, sehingga dengan program ini masyarakat menjadi lebih dekat untuk memeriksakan kesehatannya.

"Di desa ini jauh dari puskesmas, alhmadulillah ada kegiatan ini. Ada 150 warga yang ikut pengobatan gratis ini," kata dia.

Ia mengungkapkan, jumlah warga kurang mampu di desa ini juga cukup tinggi. Dari sekitar 3700 kepala keluarga (KK) di desa ini, sekitar 1.000 di antaranya termasuk warga kurang mampu yang mendapatkan bantuan beras untuk keluarga sejahtera. Mereka selama ini juga mendapatkan penghasilan dari buruh tani.

Ia berharap, kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekali melainkan bisa rutin. Masyarakat di desa, terutama warga yang kurang mampu bisa terbantu, karena da pengobatan gratis. Selain bisa mengetahui kondisi kesehatannya, mereka juga bisa mendapatkan obat-obatan gratis.

Kegiatan bakti sosial tersebut mengusung program "Sehat Bersama" yang memang diselenggarakan di Desa Krecek, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri. Bukan hanya ada bantuan kesehatan, PT Gudang Garam Tbk, juga memberikan bantuan sejumlah alat pelengkap kesehatan kepada warga masyarakat yang kurang beruntung dan membutuhkan.

Acara tersebut terselenggara atas kerja sama Gudang Garam dengan Polres Kediri untuk menyambut HUT Bhayangkara Ke-72 serta mendukung satuan tugas nusantara. Kegiatan itu bertemakan "Bakti sosial kesehatan", mendukung satgas nusantara menuju sukses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang berlangsung serentak berlangsung dengan "Guyub Rukun". (*)

 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018