Mojokerto (Antaranews Jatim) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur menargetkan bisa meraih peringkat dua se-Jawa Timur pada pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VI 2019.

Ketua Umum KONI Sidoarjo M Franki Efendi, Minggu mengatakan, untuk mencapai target itu, KONI meminta semua cabang olah raga memprioritaskan evaluasi dan penjaringan atlet prioritas medali.

"Mudah-mudahan kami bisa menduduki rangking dua se-Jatim," katanya saat menggelar Rapat Kerja dan Bimbingan Teknis (Raker dan Bimtek) KONI Sidoarjo di salah satu hotel di Trawas Mojokerto.

Ia mengemukakan, tahun 2018 ini, KONI tetap menerapkan "Sport Science" yang berjalan selama 1, 5 tahun dengan ujuannya untuk melihat perkembangan atlet.

"Bimtek dan Raker yang diikuti pengurus KONI, Cabor dan Koordinator Olahraga Kecamatan ini, juga diharapkan meningkatkan kemampuan SDM dalam rangka membangun kebersamaan guna mewujudkan atlet-atlet berprestasi," ujarnya.

Selain itu, kata dia, untuk mewujudkan sistem akuntabilitas pertanggugjawaban yang transparan.

"KONI Sidoarjo bertekad menjadi fasilitator dan motivator yang handal guna menggerakkan olahraga berprestasi bagi atlet dan para pelaku olahraga," ucapnya.

Ia juga menyatakan, KONI Sidoarjo membuat kata kunci untuk mendorong kemajuan olahraga di Sidoarjo, yang disingkat SMART.

"Yaitu selalu semangat dan ikhlas untuk bekerja, mengedepankan kepentingan prestasi olahraga, aktif untuk selalu memberikan yang terbaik bagi KONI Sidoarjo, rajin mendorong atlet selalu berlatih meningkatkan prestasi dan tetap semangat dan selalu berdoa kepada Allah SWT ?untuk hasilnya," ucapnya.

Di sisi lain, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan kegiatan ini memiliki arti penting dan strategis karena menjadi forum membahas kegiatan dan evaluasi kegiatan KONI dan cabang olah raga.

"Sumbangan pemikiran dalam forum ini diharapkan memicu prestasi olahraga di Sidoarjo," katanya.

Dengan begitu, kata Saiful, prestasi olahraga di Sidoarjo semakin meningkat setiap tahunnya sehingga diperhitungkan oleh daerah lain.

"Hal ini bisa terwujud jika ada kerja sama harmonis dan strategis semua pihak terkait dalam pembinaan prestasi olahraga di Sidoarjo," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018