Surabaya (Antaranews Jatim) - PT Terminal Teluk Lamong Surabaya menginisiasi Forum Pelabuhan Sehat di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, yang beranggotakan berbagai instansi terkait di wilayah tersebut.

"Seluruh instansi pada Forum Pelabuhan Sehat di Tanjung Perak Surabaya akan bekerja sama melakukan kegiatan secara konsisten dalam rangka pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat," kata Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong Surabaya Dothy kepada wartawan di Surabaya, Jumat.

Berbagai instansi yang tergabung dalam Forum Pelabuhan Sehat tersebut adalah Otoritas Pelabuhan, Bea Cukai, Karantina, Kepolisian, serta asosiasi dan perusahaan di area Tanjung Perak Surabaya, selain Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya sebagai pimpinan tertinggi dalam forum ini.

Perwakilan dari berbagai instansi tersebut menandatangani Komitmen dan Surat Keputusan Pelabuhan Sehat yang bertempat di halaman kantor PT Terminal Teluk Lamong Surabaya, tadi pagi.

Dothy berharap, terbentuknya Forum Pelabuhan Sehat dapat mewujudkan peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja serta mengurangi risiko kecelakaan kerja di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Pengurangan risiko kecelakaan di pelabuhan membutuhkan komitmen dari semua pihak untuk menjaga kesehatan dan keselamatan," ucapnya.

Dia menandaskan pelabuhan yang aman, nyaman, bersih dan sehat merupakan tujuan yang harus dicapai sehingga pengelolaan kualitas lingkungan secara fisik dan sosial menjadi target utama, bukan hanya oleh Forum Pelabuhan Sehat, melainkan juga bagi seluruh masyarakat.

Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Herwanto menyambut baik terbentuknya Forum Pelabuhan Sehat di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Terbentuknya forum ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat," ujarnya.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Surabaya Muhammad Budi Hidayat mendorong seluruh pelabuhan dan bandar udara di wilayah kerjanya segera terbentuk forum semacam ini.

"Sementara ini baru ada dua forum kesehatan yang telah terbentuk di wilayah kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Surabaya, yaitu di Bandar Udara Juanda Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya," katanya.

Tinggal tiga pelabuhan yang belum terbentuk forum sehat di wilayah kerja Kantor Kesehatan Kelas 1 Surabaya, yaitu di Pelabuhan Tuban, Gresik, dan Kalianget, Jawa Timur. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018