Surabaya (Antaranews Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengharapkan anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (korpri) provinsi setempat tak hanya cerdas, tapi juga berakhlakul karimah.

"Dengan kecerdasan dan berakhlak karimah maka anggota Korpri bisa memilah yang baik dan buruk, serta dapat mengambil keputusan tepat," ujarnya di sela membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korpri Jatim 2018 di Asrama Haji Surabaya, Selasa (17/4) malam.

Menurut dia, dengan bekal jiwa dan akhlak yang dimilikinya tersebut dapat meminimalkan kasus-kasus karena rendahnya integritas, seperti penyuapan dan pemerasan, termasuk korupsi, kolusi dan nepotisme.

Yang pasti, kata dia, menjadi seorang PNS tidak cukup hanya cerdas, tetapi perlu akhlak yang bisa memisahkan perbuatan yang baik dan tidak.

"Tidak ada gunanya memiliki pikiran yang cerdas, tapi tidak berakhlak," ucap Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Terhadap pelaksanaan MTQ, orang nomor satu di Pemprov Jatim itu menilai sangat tepat karena mengisi kecerdasan dan akhlak para anggota Korpri, termasuk sarana syiar Islam sehingga MTQ harus mengisi?kelemahan akhlak.

Sementara itu, Sekdaprov Jatim Akhmad Sukardi melaporkan, MTQ Korpri Provinsi Jatim memperlombakan beberapa cabang, yakni Tartil Al-Qur`an, Tilawah Al-Qur`an, Hifdzil Al-Qur`an, Dakwah Al-Qur`an, dan Khahthil Al-Qur`an.?

Kegiatan bertema "Dengan MTQ Kita Wujudkan Anggota Korpri yang Berpikir Cerdas dan Berakhlaklul Karimah" tersebut dilaksanakan tanggal 17-20 April 2018 yang diikuti 248 anggota Korpri, terdiri dari 17 perangkat daerah Provinsi Jatim dan 31 kabupaten/kota se-Jatim.

Pada kesempatan sama, Sekdaprov Jatim juga melantik 27 Dewan dan Majelis Hakim MTQ Korpri Jatim 2018 berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jatim Nomor 01 Tahun 2018 Tanggal 22 Maret 2018 tentang Susunan Dewan dan Majelis Hakim MTQ Korpri Prov Jatim Tahun 2018.?

Susunan Dewan Hakim dan Majelis Hakim MTQ Korpri Prov Jatim Tahun 2018 yang dilantik di antaranya Syamsul Bahri, selaku Ketua Dewan Pengawas Dewan Hakim, KH Abdul Hamid Abdullah selaku Sekretaris Dewan Pengawas Dewan Hakim, Barnoto selaku Ketua Koordinator Dewan Hakim, dan Nur Yasin Shirotol Mustaqim selaku Sekretaris Koordinator Dewan Hakim. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018