Shanghai (Antaranews Jatim/Reuters) - Pimmpinan klasemen Formula 1 Sebastian Vettel meraih posisi start pertama pada Grand Prix China, setelah tercepat dalam babak kualifikasi yang didominasi tim Ferrari, Sabtu.

Vettel, pebalap tim Ferrari asal Jerman, menyelesaikan satu putaran 5,4 kilometer di sirkuit Shanghai tersebut dalam waktu satu menit 31,095 detik -- rekor trek --- mengungguli rekan satu timnya Kimi Raikkonen asal Finlandia dengan selisih waktu 0,087 detik.

Dalam karirnya, Vettel kini tercatat 52 kali meraih posisi start terdepan.

Sementara itu saingannya, Lewis Hamilton dari Inggris akan berada di urutan start keempat, lebih lambat dari urutan tiga yang ditempati rekannya dari tim Mercedes Valtteri Bottas.

Untuk musim ini, merebut "pole position" merupakan yang kedua kalinya bagi Vettel, dan yang pertama di Shanghai bagi tim Ferrari sejak pebalap Brazil Rubens Barrichello start pertama di GP China tahun 2004.

Baca juga: Hamilton Ukir Waktu Tercepat Pada Latihan GP China

Tim asal Italia ini terakhir menang di GP China pada tahun 2013.

"Terima kasih kawan-kawan, babak kualifikasi yang hebat, mobil yang hebat," kata Vettel yang juga start urutan pertama pada GP Bahrain pekan lalu.

Sementara itu bagi Raikkonen, start di deretan terdepan bersama tim Ferrari pada GP di Shanghai hari Minggu (15/4) adalah yang kedua kalinya berturut-turut.

Dalam klasemen kejuaraan dunia Formula 1 musim ini, Vettel unggul 17 poin di atas Hamilton setelah menjuarai dua lomba perdana

Pewarta: Supervisor

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018