Pamekasan (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Jawa Timur, memanfaatkan kelompok teater di wilayah itu, menyosialisasikan pelaksanaan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah di Pamekasan, Sabtu menjelaskan langkah itu dilakukan, karena sosialisasi melalui seni budaya itu efektif.

"Disamping itu, melalui kegiatan seni budaya, sosialisasi tersebut akan bisa lebih dipahami oleh masyarakat," ujar Hamzah.

Menurutnya, sosialisasi yang digelar KPU Pamekasan dalam berbagai jenis pemilu, mulai dari Pilkada Pamekasan, Pilgub Jatim, hingga pemilu legislatif dan pemilihan Presiden 2019.

"Tahapan pelaksanaan pemilu 2019 sudah dimulai, maka kami menganggap penting, sosialisasi tentang pemilu 2019 juga dimulai dari sekarang," ujar Hamzah.

Menurut dia, sosialisasi melalui seni budaya itu, merupakan salah satu cara yang dilakukan KPU Pamekasan, mengingat di Pamekasan juga dikenal sebagai kota seni.

Beragam jenis kesenian tradisional di Pamekasan banyak dikembangkan oleh para komunitas seni budaya di Pamekasan, sehingga KPU memandang perlu untuk memberdayakan kalangan seniman dan budayawan di Pamekasan untuk ikut proaktif mensukseskan pelaksanaan pemilu.

Sementara itu, di Kabupaten Pamekasan ada dua pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Pamekasan yang akan bersaing memperebutkan dukungan massa untuk pilkada mendatang.

Kedua pasangan calon itu, masing-masing Barut Tamam-Raja`e (Berbaur) dengan nomor urut 1 dan Kholilurrahman-Fathor Rohman (Kholifah) dengan nomor urut 2.

Pasangan Berbaur diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra.

Pasangan Kholifah diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golkar, Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Demokrat.

Sementara itu, Cagub/Cawagub Jatim yang akan bersaing memperebutkan dukungan masyarakat pada pilkada serentak 27 Juni 2018 masing-masing pasangan Khofifah Indar Parawansa-Elistianto Dardak dengan nomor urut 1 dan Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno Putri dengan nomor urut 2. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018