Tuban (Antaranews Jatim) - Bupati Tuban, Jawa Timur, Fathul Huda mengingatkan pentingnya untuk menjaga kelestarian alam termasuk lingkungan di pesisir pantai di wilayahnya sepanjang 65 kilometer dari abrasi dengan melakukan penanaman pohon.

"Wilayah pantai harus diamankan dari abrasi. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penanaman pohon," kata dia dalam kegiatan bakti sosial penanaman pohon cemara di pantai Desa Margosuko, Kecamatan Bancar, Tuban, Jumat.

Pada kesempatan itu, ia juga mengimbau kepada pihak terkait, polisi, TNI AL dan AD serta masyarakat untuk bersama-bersama mengawasi wilayah pesisir.

"Jangan sampai wilayah pesisir menjadi jalur tikus untuk penyelundupan, penyebaran, dan peredaran narkoba," katanya menegaskan.

Ia juga menyatakan bahwa kegiatan di daerahnya yang dihadiri Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang Lantamal V, Dandim 0811/Tuban, dan Kapolres ini menjadi bukti keberagaman dan kebersamaan di Kabupaten Tuban.

"Kegiatan ini menjadi bukti dan contoh kerukunan yang sangat dibutuhkan masyarakat saat ini," ucapnya.

Ia mengharapkan kerja sama antara pemkab dengan TNI AL dapat terus ditingkatkan. Hal ini sebagai bentuk sinergitas dalam menjaga kelestarian alam dan keamanan masyarakat di pesisir.

Danlanal Semarang Lantamal V, Kolonel Laut (P) Hanarko Djodi Pamungkas menjelaskan bahwa menjaga lingkungan pesisir juga menjadi bukti implementasi cinta tanah air.

?Dengan merawat dan melestarikan lingkungan pantai, kita turut menjaga keseimbangan tanah dan air," katanya menegaskan.

Mantan Ajudan Presiden Joko Widodo ini juga menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon yang diselenggarakan oleh Pangkalan TNI AL Semarang Lantamal V ini akan menjadi agenda rutin.

"Kedepan, kegiatan penanaman pohon akan rutin digelar tiap tahunnya,? ucapnya.

Pada kegiatan yang telah berlangsung selama tiga hari ditanaman sekitar 4.500 bibit pohon cemara dari total target 5.000 bibit pohon di sepanjang 15 km pesisir pantai.

Selanjutnya, Fathul Huda, bersama perwakilan TNI AL, didampingi Kepala Diskanak Tuban Ir. M. Amenan melakukan peninjauan lelang ikan di Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan (UPT PP) Bulu-Tuban milik Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, rombongan juga mengunjungi kelompok nelayan binaan Diskanak Tuban di desa Bancar dan perusahaan pengelolaan hasil laut di desa Sobontoro, kecamatan Tambakboyo.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018