Madiun (Antaranews Jatim) - Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 7 Madiun menyiapkan satu KA tambahan untuk menghadapi libur panjang bersamaan dengan momentum hari raya Paskah.

Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Supriyanto di Madiun, Jumat, mengatakan penyediaan KA tambahan yang melintasi wilayah Daop Madiun tersebut dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang yang melakukan keberangkatan dari stasiun wilayah daop setempat.

"Disediakan tambahan KA liburan, yakni KA Sancaka relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng PP. Kereta tersebut untuk hari Minggu tanggal 31 Maret 2018," ujar Supriyanto.

Dari KA tambahan tersebut, disediakan kapasitas tempat duduk sebanyak 440 kursi. Untuk pemesanan tiketnya bisa dilakukan di stasiun.

Juga bisa pembelian tiket melalui laman kai.id, aplikasi KAI Access, Contact Center 121, gerai Alfamart dan Indomaret, serta agen-agen mitra KAI, atau melalui mesin pemesanan tiket yang ada di stasiun.

Diharapkan dengan adanya KA tambahan tersebut dapat mengakomodasi dan mengoptimalkan pelayanan penumpang KA terutama saat momentum libur akhir pekan panjang ini.

Supriyanto menambahkan, selama libur ahir pekan panjang ini terjadi peningkatan jumlah penumpang KA di wilayahnya, terutama di Stasiun Madiun.

"Pada hari biasa sekitar 1.800 penumpang, sedangkan pada liburan akhir pekan panjang ini, rata rata naik menjadi 2.500 penumpang," kata dia.

Sebagian besar, tiket KA tujuan Jakarta dan Bandung untuk tanggal 29 Maret hingga 1 April 2018 sudah habis atau terjual 100 persen. Kalaupun masih, itu tinggal sedikit. Hal itu karena pemesanan tiket terus bergerak.

Pihaknya meminta pengguna jasa KA selalu menghindari pembelian tiket dari penawaran jasa perorangan atau calo. Hal itu demi kenyamanan dan keamanan konsumen. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018