Surabaya (Antaranews Jatim) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya membentuk tim khusus untuk menyeleksi anak-anak berbakat yang akan dikirim untuk ikut pelatihan sepak bola ke Liverpool, Inggris.

Kepala Dispora Kota Surabaya Afghani Wardhana, di Surabaya, Kamis, mengatakan untuk teknis selanjutnya pihaknya masih menunggu arahan dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

"Rencananya akan ada 10 anak berbakat dan terbaik yang akan dikirim Pemkot Surabaya untuk mengikuti pelatihan sepak bola di Liverpool," katanya.

Menurut dia, seleksi dilakukan sebagai tindak lanjut penandatanganan kesepakatan kerja sama sister city antara Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wali Kota Liverpool Joe Anderson beberapa hari lalu.

Afghani mengatakan mereka yang diberangkatkan adalah anak-anak berusia 11 tahun yang berbakat dan punya talenta dalam bidang olahraga sepakbola. Ia sendiri mengaku sudah memiliki konsep untuk menjaring bibit-bibit pesepak bola di Surabaya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya memastikan, seleksi akan dilakukan secara objektif dengan melibatkan 42 sekolah sepak bola (SSB) yang ada di bawah naungan Asosiasi Sepak Bola Kota (Askot) Surabaya.

Ia berharap setelah bibit pesepakbola berbakat tersebut berlatih di luar negeri, bisa mendapat ilmu dan pengalaman yang memadai sehingga sepulangnya dari sana, mereka bisa menjadi penyemangat bagi calon-calon atlet sepak bola lainnya di Surabaya.

Adapun kunjungan Wali Kota Liverpool Joe Anderson bersama rombongan ke Stadion Gelora 10 November bebrapa hari lalu memacu semangat sekolah sepak bola (SSB) di Surabaya.

Menurut dia, pihaknya berharap dengan kunjungan Wali Kota Liverpool tersebut bisa lebih banyak bermunculan SSB baru di Kota Surabaya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018