Jember (Antaranews Jatim) - Pendaftar Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kabupaten Jember, Jawa Timur sudah melebihi kuota, meskipun pendaftaran baru berjalan sepekan terakhir.

Berdasarkan data, tercatat sebanyak 3.796 siswa yang menentukan pilihannya ke kampus IAIN Jember dan jumlah itu adalah total pendaftar dari dua pilihan PTKIN yang diminati, baik pilihan pertama maupun pilihan kedua, sedangkan kuota SPAN-PTKIN IAIN Jember sebanyak 1.750 siswa.

"Pendaftaran SPAN-PTKIN dibuka sejak 1 Maret 2018 dan jumlah pendaftar diprediksi akan terus bertambah banyak karena waktu pendaftaran akan berakhir hingga 29 Maret 2018," kata Ketua Panitia Lokal SPAN PTKIN 2018 Nur Solikin di Jember, Rabu.

Menurutnya waktu pendaftaran masih panjang, sehingga diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh siswa SMA/SMK dan MA/MA Kejuruan, atau Pesantren Mu`adalah kelas terakhir yang telah memperoleh rekomendasi dari kepala sekolah/madrasah untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi SPAN-PTKIN.

"Hingga Rabu ini tercatat jumlah pendaftar 3.796 siswa, padahal kuota calon siswa baru di jalur SPAN-PTKIN tersebut sebanyak 1.750 siswa, sehingga persaingan diprediksi akan sangat ketat nantinya," katanya.

Seleksi mahasiswa melalui jalur SPAN-PTKIN tersebut merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, sehingga tanpa ujian tertulis.

Sekolah/madrasah yang dinyatakan berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah sekolah/madrasah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah karena yang diperbolehkan mendaftar pada jalur tersebut adalah SMA/SMK, MA/MA Kejuruan atau pesantren mu`adalah kelas terakhir yang telah memperoleh rekomendasi dari kepala sekolah/madrasah yang telah didaftarkan oleh pihak sekolah berdasarkan isian PDSS pada waktu yang telah ditentukan.

Khusus untuk jalur SPAN-PTKIN IAIN Jember menetapkan kuota sebanyak 1.750 siswa untuk semua program studi yang ditawarkan yakni Prodi Pendidikan Agama Islam 250 siswa, Pendidikan Bahasa Arab 60 siswa, Perbankan Syari`ah sebanyak 100 siswa, Bahasa dan Sastra Arab sebanyak 40 siswa, Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir sebanyak 60 siswa, Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah) sebanyak 80 siswa, Manajemen Pendidikan Islam sebanyak 80 siswa, Hukum Ekonomi Syari`ah (Mu`amalah) sebanyak 80 siswa.

Kemudian Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (60 siswa), Ekonomi Syari`ah (175 siswa), Ilmu Hadits (30 siswa), Pengembangan Masyarakat Islam (20 siswa), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (40 siswa), Tadris Bahasa Inggris (80 siswa), Hukum Tata Negara (60 siswa), Hukum Pidana Islam 40 siswa, Tadris Ilmu Pengetahuan Alam 40 siswa, Komunikasi dan Penyiaran Islam 60 siswa, Bimbingan dan Konseling Islam (50 siswa), Manajemen Dakwah (20 siswa), Sejarah Peradaban Islam (30 siswa), Akuntansi Syari`ah (75 siswa), Tadris Matematika (60 siswa), Tadris Biologi 60 siswa, Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial sebanyak 40 siswa, Manajemen Zakat dan Wakaf sebanyak 40 siswa, dan Prodi Psikologi Islam 20 siswa.

"Kami imbau calon mahasiswa atau pihak sekolah yang ingin mengetahui tentang informasi pendaftaran masuk IAIN Jember dapat melalui laman resmi www.iain-jember.ac.id atau langsung mengunjungi laman www.span-ptkin.ac.id.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018