Surabaya (Antaranews Jatim) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengharapkan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya, Jawa Timur memperkuat ekonomi kerakyatan untuk membantu kesejahteraan dan kemaslahatan umat.

"Sebagai umara (pemerintah), saya berharap sekarang ini PCNU Surabaya memikirkan lebih serius perekonomian masyarakat supaya kehidupan mereka lebih sejahtera," ujarnya di sela membuka Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) II PCNU di Surabaya, Sabtu.

Wali kota perempuan dua periode tersebut mengaku siap bekerja sama lebih dalam dengan PCNU untuk bersama-sama meningkatkan kesejahteraan warga kota, terlebih sebagai pemimpin program utamanya ialah masyarakat bebas dari kemiskinan.

"Tekadnya adalah, jangan sampai sampai ada warga yang fakir sebab dikhawatirkan menjadi kafir. Pengertian kafir tak hanya keluar dari agama, tapi melakukan tindakan-tindakan yang dilarang dan melawan hukum sehingga harus dicegah," ucapnya.

Karena itulah, Risma sangat mengharapkan hubungan antara ulama dan umara terus bergandengan dan bersama-sama menyelesaikan segala persoalan yang terjadi.

Sementara itu, Ketua PCNU Kota Surabaya Achmad Muhibbin Zuhri menyampaikan Muskercab II bukan sekadar formalitas, tapi mewujudkan tekad agar keberadaan organisasi menjadi bagian dari denyut nadi Surabaya serta kemaslahatan warga setempat.

"Keinginan ini tidak mengada-ada karena warga NU di Surabaya merasa bagian dari sejarah. NU lahir dari kota ini dan konsolidasi ulama serta santri untuk merebut Kemerdekaan RI juga dari kota ini," katanya.

Dosen Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya itu mengajak eksekutif, legislatif, yudikatif serta tokoh di Surabaya lainnya untuk bergabung menyatukan langkah karena memiliki fokus sama yaitu demi kemaslahatan warga kota.

Muskercab II yang dihadiri seluruh pengurus cabang dan pengurus MWC NU se-Surabaya mengusung tema "NU Urban Menuju Surabaya Hijau Lahir dan Batin" dengan harapan NU Surabaya ingin memperkuat tali silaturahim antara ulama dan umara sehingga mewujudkan kota yang damai serta diridhoi Allah SWT.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan, Rais Syuriyah PCNU Surabaya KH Mas Sulaiman Nur, Pengasuh Pesantren Bahauddin Al-Islami Sepanjang Sidoarjo KH Sholeh Qosim, Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surabaya Arif An serta sejumlah pimpinan partai politik tingkat kota. (*)
Video Oleh Fiqih Arfani
 

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018