Sumenep (Antaranews-Jatim) - Harga cabai merah besar biasa di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, naik dibanding awal pekan dari Rp30 ribu per kilogram menjadi Rp35 ribu.

"Pasokan komoditas tersebut terbatas dan selanjutnya stok tidak banyak. Kondisi tersebut menyebabkan harga cabai besar naik," kata Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep, Kamis.

Selain cabai besar, harga tiga komoditas lainnya pada pertengahan pekan ini berfluktuasi, yakni bawang merah, bawang putih, dan kentang.

Harga bawang merah naik dari Rp15 ribu per kilogram menjadi Rp18 ribu dan bawang putih dari Rp17 ribu menjadi Rp22 ribu.

"Sementara harga kentang turun dari Rp15 ribu per kilogram menjadi Rp13 ribu," kata Sukaris, menerangkan.

Harga komoditas lainnya terpantau stabil, di antaranya beras tetap pada kisaran Rp11 ribu hingga Rp11.600 per kilogram, gula pasir Rp11 ribu, dan minyak goreng curah Rp12 ribu.

Harga daging sapi juga tetap Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp75 ribu, dan daging ayam broiler Rp35 ribu.

Begitu juga harga cabai kecil biasa tetap Rp30 ribu per kilogram, wortel Rp12 ribu, tomat Rp10 ribu, dan kubis Rp6 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018