Madiun (Antaranews Jatim) - Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) memperkenalkan Program Daya kepada UMKM di wilayah Madiun, Jawa Timur, guna membantu pengembangan bisnis usahanya.

Pejabat Business Strategy and Alignment Head Business Banking BTPN, Michael Jermia Tjahjamulia, Jumat, mengatakan Program Daya merupakan program pemberdayaan yang dilaksanakan BTPN secara berkelanjutan dan terukur.

Program itu diperuntukkan bagi seluruh nasabah BTPN yang meliputi para pensiunan, pelaku UMKM, serta komunitas prasejahtera produktif.

"Program Daya ini tidak hanya memberikan pinjaman modal kepada pelaku bisnis dan UMKM melainkan juga pendampingan dan konsultasi kepada pelaku UMKM agar bisnisnya berkembang," ujar Michael di Madiun kepada wartawan.

Menurut dia, tahun 2017 BTPN menyalurkan dana pinjaman kepada 46 mitra bisnis di wilayah eks-Keresidenan Madiun dan Kediri senilai Rp140 miliar. Sedangkan tahun 2018, BTPN Madiun menargetkan nasabah dan mitra bisnis sebanyak-banyaknya.

"Inti dari program ini adalah kami menjadi mitra nasabah dalam mencapai pertumbuhan usaha. Kami yakin untuk bisa tumbuh, nasabah tidak hanya membutuhkan akses keuangan. Tetapi juga pendampingan untuk meningkatkan kapasitas usaha mereka," kata dia.

BTPN juga membuka Program Mitra Bisnis yang merupakan program yang dirancang khusus untuk melayani berbagai kebutuhan para pelaku UKM melalui solusi keuangan yang dapat diandalkan, pengembangan kapasitas usaha dan pembukaan akses ke pasar yang lebih luas.

BTPN Mitra Bisnis, lanjutnya, hadir dengan berbagai produk dan layanan perbankan untuk menunjang kebutuhan usaha modal kerja dan investasi usaha nasabah.

"Kami memiliki berbagai jenis topik yang didesain khusus berdasarkan kebutuhan nasabah. Misalnya pajak bisnis dengan menghadirkan konsultan pajak, pembuatan laporan keuangan, aspek hukum dalam bisnis, serta peningkatan pemasaran melalui media digital," tambahnya.

Salah satu mitra bisnis BTPN di Kota Madiun, Sony Hendarto, mengaku puas dengan konsep bisnis yang ditawarkan BTPN. Saat mengajukan pinjaman modal ke BTPN, dirinya tidak hanya mendapatkan pinjaman uang tetapi juga mendapatkan pendampingan bisnis. Ia menilai program dari BTPN tidak sekadar transaksional.

"Saya kagum dengan Bank BTPN karena mempunyai konsep bisnis yang baru dan bagus. Tidak hanya transaksional, tetapi mereka selalu membantu memberikan informasi apa saya yang butuhkan untuk membantu pengembangan bisnis saya," ungkap pengusaha pemilik diler motor dan restoran itu.

Ia menambahkan, pihaknya mendapat kemudahan dengan bergabung dengan mitra bisnis info. Dengan bergabung di mitra bisnis info, nasabah BTPN bisa meminta informasi umum dan bisnis sesuai kebutuhan untuk mengembangkan usaha. (*)


Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018