Situbondo (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mengalokasikan anggaran sekitar Rp1,2 miliar melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 untuk pembangunan beberapa fasilitas di objek wisata Pantai Tampora.

"Objek wisata Pantai Tampora di Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur itu menjadi salah satu tujuan wisata baru yang dipersiapkan untuk menyambut Tahun Kunjungan Wisata 2019," kata Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi di Situbondo, Kamis.

Sebelumnya, lanjut dia, pada tahun anggaran 2017 pemerintah daerah setempat telah membangun akses jalan menunuju lokasi objek wisata pantai dan taman hutan bakau tersebut, dan pada tahun ini menyiapkan anggaran Rp1,2 miliar guna memoles wisata Pantai Tampora yang berada di wilayah barat Kabupaten Situbondo tersebut lebih bagus lagi.

Anggaran Rp1,2 miliar itu, katanya, akan dipergunakan untuk membangun sejumlah fasilitas pendukung objek wisata Pantai Tampora, seperti anjungan kayu sepanjang 75 meter dari permukaan laut dan pembangunan lima buah gazebo serta taman bermain bagi anak-anak.

"Meski demikian, pembangunan sejumlah fasilitas pendukung wisata Pantai Tampora tidak akan merusak keasrian panorama alamnya yang sudah ada, karena pembangunannya menggunakan bentang alam," katanya.

Wakil Bupati Yoyok Mulyadi menambahkan, objek wisata Pantai Tampora menjadi salah satu tujuan wisata baru dan masih memerlukan berbagai pembangunan fasilitas tambahan, dan sesuai rencana pembangunan fasilitas akan mulai dikerjakan triwulan pertama 2018.

"Pembangunan fasilitas objek wisata baru dilakukan secara bersama-sama sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), selain Dinas Pariwisata, sejumlah OPD juga membangun infrastruktur pendukung wisata lainnya," paparnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018