Berlin (Antara/Reuters) - Pemuncak klasemen Liga Jerman Bayern Munich bangkit setelah kemasukan dua gol dalam waktu kurang dari 12 menit untuk menghantam Hoffenheim dengan skor 5-2 pada Sabtu, dan tetap berada di jalur untuk meraih gelar liga untuk keenam kalinya secara beruntun. 
Borussia Dortmund bermain imbang 2-2 dengan tamunya Freiburg setelah sepakan lob Nils Petersen nyaris membawa tim berjuluk "Black Forest" meraih kemenangan, sedangkan tim papan bawah Hamburg SV menahan imbang 1-1 RB Leipzig pada game pertama di bawah asuhan pelatih baru Bernd Hollerbach.
Hoffenheim mengancam untuk memberikan kekalahan kandang pertama di liga bagi Bayern musim ini, ketika mereka melakukan start bagus di Allianz Arena.
 Mark Uth membawa Hoffenheim memimpin dari bola pantul setelah Serge Gnabry melihat eksekusi penaltinya digagalkan Sven Ulrich, kemudian Gnabry menambahi gol kedua dengan tembakan mendatar dari luar kotak penalti.
Namun ini berubah menjadi sekedar "alarm palsu" bagi tim Bavaria, yang menyamakan kedudukan sebelum menit ke-30 ketika Robert Lewandowski membelokkan tembakan Joshua Kimmich masuk ke gawang, sebelum Jerome Boateng menanduk bola masuk dari tendangan sudut.
Bayern, yang mengoleksi 50 poin dari 20 pertandingan dan unggul 16 poin atas Schalke 04, berbalik unggul dengan gol-gol di babak kedua dari Kingsley Coman, Arturo Vidal, dan Sandro Wagner.
Schalke menang 2-0 di markas VfB Stuttgart melalui gol-gol pada 20 menit pertama dari Naldo dan eksekusi penalti Amine Harit.
Dortmund, yang menghuni peringkat kelima dengan 31 poin, tetap tanpa kemenangan sejak libur musim dingin namun situasinya dapat menjadi lebih buruk lagi.
Mereka mengawali pertandingan dengan baik di mana Shinji Kagawa mengemas gol pada menit kesembilan setelah bola memantul di sekitar area Freiburg namun Petersen membalikkan umpan silang Janik Haberer di tiang dekat untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-21.
Pertandingan kemudian menghasilkan kejutan yang tidak terduga pada menit ke-68 ketika pemain Dortmund Nuri Sahin mengirim operan lurus ke Petersen, yang melihat Roman Buerki berada di luar garisnya dan melepaskan sepakan lob melewati kiper Dortmund itu dari jarak 35 meter.
Jeremy Toljan membantu Dortmund menghindarkan diri dari kekalahan kandang keempat musim ini melalui gol penyama kedudukannya di fase akhir pertandingan setelah sapuan yang buruk dari kubu Freiburg.
Gol yang dibukukan Filip Kostic membawa Hamburg mendapatkan satu poin dari markas RB Leipzig, membatalkan gol awal Bruma, untuk memberi suntikan semangat kepada pelatih baru Hollerbach.
Hollerbach, seorang tukang daging terlatih yang dikenal untuk pendekatan tanpa basa-basinya selama tujuh tahun bermain di Hamburg, mengambil alih tim dari pelatih Markus Gisdol yang dipecat, dalam upayanya untuk menyelamatkan rekor klub yang selalu mengikuti kompetisi teratas di Jerman.
Hamburg tetap tertinggal satu poin di posisi juru kunci dan di zona degradasi, di bawah Werder Bremen karena kalah selisih gol.
Klub juru kunci Cologne ditahan imbang 1-1 oleh Augsburg pada pertandingan lain. (*)

Pewarta: Supervisor

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018