Jember (Antaranews Jatim) - Sejumlah talent Jember Fashion Carnaval (JFC) menyambut para peserta balap sepeda Tour de Indonesia yang melewati pendapa Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

"Penampilan sejumlah 'talent' JFC sebagai bentuk sambutan selamat datang kepada para atlet olahraga sepeda yang berasal dari berbagai negara itu," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember Arif Tjahyono di pendapa kabupaten setempat.

Momentum lomba balap sepeda internasional yang melintasi Kabupaten Jember tersebut dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten Jember dengan menampilkan sejumlah talent JFC untuk memadukan olahraga dengan hiburan.

"Mungkin bisa disebut sportaiment yakni olahraga dengan suguhan entertainment yang menampilkan talent JFC, sehingga bisa menghibur para peserta dan masyarakat yang menonton Tour de Indonesia itu," tuturnya.

Ia mengatakan kegiatan seperti itu dapat juga digunakan sebagai ajang promosi pariwisata Jember, baik dari sisi pariwisata secara umum maupun kegiatan JFC yang akan digelar pada Agustus 2018.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 9 Jember Luqman Arif mengatakan para peserta balap sepeda melewati jalur perlintasan kereta dengan aman karena sejumlah petugas KAI disiagakan di sejumlah perlintasan yang dilalui peserta Tour de Indonesia.

Pantauan di lapangan, sepanjang rute yang dilalui peserta balap sepeda Tour de Indonesia dipadati masyarakat yang ingin menyaksikan langsung lomba balap sepeda internasional itu dan aparat kepolisian juga mensterilkan jalur yang dilalui para peserta.

Para peserta memasuki etape tiga dari Kabupaten Probolinggo melewati Lumajang dan Jember menuju Kabupaten Banyuwangi dengan jarak tempuh 200 km yang menjadi etape terpanjang dengan melewati jalur Gumitir yang menanjak dan berkelok-kelok.

Sebanyak 750 personel gabungan Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Kesehatan Jember disiagakan untuk mengamankan pelaksanaan kejuaraan balap sepeda Tour de Indonesia 2018 yang akan melewati Kabupaten Jember.*

Video Oleh Zumrotun Solichah


Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018