Kediri (Antaranews Jatim) - Terminal Kediri, Jawa Timur, akan dirombak total oleh Kementerian Perhubungan dengan harapan bisa memberikan fasilitas serta pelayanan yang lebih baik pada calon penumpang.  

"Tahun 2019 kami punya rencana, Terminal Kediri akan kami rombak total. Mudah-mudahan ada alokasi anggaran bisa ke sini (Terminal Kediri)," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi saat meninjau Terminal Kediri, Sabtu.

Ia mengatakan, pemerintah memang mempunyai rencana untuk lebih memperbaiki fasilitas umum, yang salah satunya memperbaiki fasilitas di terminal. Pemerintah ingin agar terminal menjadi tempat yang lebih menarik, sehingga calon penumpang juga merasa nyaman.

Untuk Terminal Tipe A yang sudah dibangun adalah di Padang. Pembangunan juga dilakukan secara total dengan beragam fasilitasnya. Rencananya, dalam proses pembangunan ke depan bisa menggandeng mitra untuk mengelola terminal secara bersama-sama.

"Kami cari mitra untuk bisa mengelola terminal bersama-sama. Kerjasama antara pemerintah dan badan usaha. Jika swasta dan BUMN tertarik mengelola, akan dibangun pusat perbelanjaan, hotel. Di Kediri memungkinkan, terlebih lagi di sebelah ada proyek objek wisata. Ini strategis," katanya.

Untuk nominal, ia belum mengetahui dengan persis. Namun, dari proyek yang telah dilakukan di Padang, untuk satu terminal Tipe A perkiraan anggaran Rp70-Rp100 miliar. Pembangunan dari pusat juga hanya khusus untuk terminal Tipe A.

Menurut dia, Menteri Perhubungan selalu menekankan pada semua jajarannya dalam pembangunan mengutamakan TOD (Transit Oriented Development). Pemerintah juga akan membuat regulasi khusus dengan harapan setelah dibangun ke depannya terminal bisa menjadi lebih ramai.

Kebijakan awalnya, kata dia, jika awalnya untuk perusahaan otobus dalam menaikkan serta menurunkan penumpang di tempat mereka, ke depannya akan tersentral di terminal, sehingga diharapkan semua penumpang ataupun calon penumpang bisa fokus pelayanannya di terminal.

Ia juga sengaja datang ke Terminal Kediri, dengan sejumlah jajarannya. Ia ingin melihat dengan pasti kondisi Terminal Kediri, fasilitas, serta pelayananya, misalnya kebersihan, keamanan, toilet, dan memastikannya dalam keadaan aman dan bersih.

"Sekarang pelayanan sudah ke pusat dan saya perlu bertanggungjawab bagaimana memberikan pelayanan pada masyarakat. Kami harus total memberikan yang terbaik ke masyarakat, makanya jaga kebersihan, toilet bersih, tiap ada apapun yang masyarakat butuhkan, saya meminta bantu sepenuhnya, bahkan jika ada yang sakit," katanya. (*)

Video Oleh Asmaul Chusna


Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018