Bondowoso (Antara Jatim) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Jumat membagikan bantuan sembako kepada warga dua desa terdampak bencana alam angin puting beliung.

"Bantuan sembako ini kami bagikan kepada warga terdampak bencana angin puting beliung yang terjadi pada Kamis (14/12) sore, yakni di Desa Kejawan, Kecamatan Grujugan dan Desa Grujugan Lor, Kecamatan Jambesari," kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Kedaruratan, BPBD Bondowoso, Winarto di Bondowoso, Jumat.

Ia menyebutkan, dari hasil pendataan masing-masing desa (dua desa dua kecamatan) tercatat sebanyak 30 rumah warga yang rusak berat, sedang serta rusak berat akibat bencana angin puting beliung.

Winarto merinci, di Desa Kejawan, Kecamatan Grujugan tercatat sebanyak 14 rumah dan 16 rumah lainnya di Desa Grujugan Lor, Kecamatan Jambesari. Dan seluruhnya telah mendapatkan sembako dan nantinya juga akan mendapatkan dana stimulan.

"Untuk dana stimulan kami masih menunggu data dari desa dan kecamatan terkait dan dana stimulan dipastikan akan diberikan sesuai dengan laporan yang diperoleh dari desa menggunakan dana siap pakai ata DSP," katanya.

Sebelumnya, puluhan rumah warga di Kabupaten Bondowoso rusak akibat diterjang angin puting beliung. Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Bondowoso sejak pukul 14.30 WIB dan sekitar satu jam kemudian tiba-tiba angin puting beliung juga datang bersamaan.

Akibat bencana alam angin puting beliung itu puluhan rumah warga di Desa Kejawan, Kecamatan Grujugan dan Desa Grujugan Lor, Kecamatan Jambesari rusak berat.

Angin puting beliung tersebut juga menumbangkan sejumlah pohon berukuran besar, bahkan ada rumah warga di Desa Kejawan yang rusak berat akibat tertimpa pohon tumbang. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017