Surabaya (Antara Jatim) - Produsen gawai Samsung mencoba membidik untuk mempertahankan penguasaan pasar gawai di Tanah Air pada 2018, dengan memperbanyak gerai Samsung Experience Store (SES), salah satunya di Pakuwon Mall Surabaya.

Pengoperasian outlet premium di Surabaya ini, kata Head Of SES Operation, Erwin Renehan Andjana juga untuk mempertahankan pengusaan pasar di segmen menengah atas wilayah Jatim.

Erwin, usai meresmikan gerai premium  di Surabay, Kamis, mengaku secara nasional posisi Samsung per Oktober memiliki market share 40-50 persen nasional, atau naik single digit dibanding tahun 2017.

Sedangkan Jatim, kata dia, menyumbang 30 hingga 40 persen, atau nomor dua setelah Jakarta, kemudian disusul Bandung, Medan dan Makasar.

"Kehadiran SES ini merupakan salah satu upaya untuk menjaring konsumen dari kalangan menengah ke atas, sekaligus mempertahankan dominasi di segmen tersebut," kata dia.

Ia menyebut, pada 2017 Samsung telah menambah 40 outlet sehingga jumlahnya sekarang sebanyak 200 oulet. Dari jumlah itu, 6 di antaranya merupakan SES, dan pada 2018 akan menambah lagi 40 outlet baru, dimana 12 di antaranya adalah SES.

"Surabaya sebagai kota kedua setelah Jakarta memberi kontribusi 30 persen hingga 40 persen, penjualannya bisa naik hingga double," harapnya.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017