Bondowoso (Antara Jatim) - Puluhan rumah warga di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, rusak akibat diterjang angin puting beliung yang juga menyebabkan sejumlah pohon besar tumbang.

"Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Bondowoso sejak pukul 14.30 WIB dan sekitar satu jam kemudian tiba-tiba angin puting beliung juga datang bersamaan," kata Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso Winarto di Bondowoso, Kamis malam.

Angin puting beliung tersebut, lanjut dia, mengakibatkan puluhan rumah semi permanen milik warga rusak berat dan sejumlah pohon berukuran besar juga tumbang, bahkan ada rumah warga rusak berat karena tertimpa pohon.

Karena bencana alam angin puting beliung ini masalah bersama, katanya, maka hal itu diselesaikan bersama-sama, baik Polri maupun TNI yang terlihat sigap membantu masyarakat setempat.

"Kami (BPBD) dibantu oleh anggota Polri dan TNI, termasuk masyarakat, sekitar untuk segera membersihkan material pohon maupun puing-puing bangunan rumah yang rusak berat akibat puting beliung ini," ujarnya.

Menurut Winarto, akibat puting beliung puluhan rumah warga di Desa Kejawan, Kecamatan Grujugan dan Desa Grujugan Lor, Kecamatan Jambesari rusak berat. dan salah satu pohon besar di Desa Kejawan menimpa rumah warga hingga rusak berat.

"Untuk jumlah pastinya rumah warga terdampak angin putting beliung hari ini  masih dalam pendataan. Akan tetapi yang pasti jumlahnya puluhan rumah," ujarnya.

Data diperoleh, selama memasuki musim hujan tahun ini tercatat sudah ada sekitar 80 rumah yang rusak akibat angin puting beliung dan puluhan rumah tersebut tersebar di Desa Petung,  Kecamatan Pakem dan Desa Banyuwuluh,  Jatisari dan Ardisaeng Kecamatan Wringin. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017