Bangkalan (Antara Jatim) - Sebanyak 458 orang menjadi peserta lomba renang melintasi Selat Madura yang dilepas oleh Kepala Staf Korps Marinir Brigjen TNI (Mar) Hasanudin di Dermaga Lanal Batu Poron Bangkalan, Madura, Sabtu.

Lomba renang yang digelar setiap tahun itu merupakan rangkaian dari peringatan Hari Armada RI Tahun 2017.

Lomba renang Selat Madura tersebut memperlombakan empat kategori. yaitu Umum Putra, Umum Putri, TNI/Polri Putra dan TNI/Polri Putri.

Seluruh peserta start dari Dermaga Lanal Batu Poron dan finish di Dermaga depan Monumen Jalesveva Jayamahe dengan jarak tempuh sejauh 2.700 meter.

Selain jarak tempuh yang lumayan jauh, peserta juga harus menghadapi tantangan arus laut Selat Madura yang cukup kuat dan mewaspadai sengatan ubur-ubur. Para peserta dikawal puluhan perahu karet milik Korps Marinir TNI AL dari garis start hingga finish.

Pada lomba itu, untuk kategori Umum Putra, juara pertama direbut oleh Maulana Reyhan dari Surabaya dengan catatan waktu 32 menit 2 detik 29 sekon, juara dua diduduki Kurniawan Ferdiansyah dari Kota Batu dengan waktu 32 menit 22 detik 03 sekon dan Alper Delano dari Kabupaten Malang juara tiga dengan waktu 32 menit 23 detik 04 sekon.

Di kelompok Umum Putri, Zahwa Safa Huda dari SMAN OR menjadi perenang tercepat dengan catatan waktu 35 menit 56 detik 43 sekon, posisi kedua ditempati Artika Inka Amana juga dari SMAN OR dengan waktu 36 menit 12 detik 28 sekon, dan Salva Almaya Putri dari POSSI Batu sebagai juara ketiga dengan waktu 38 menit 19 detik 39 sekon.

Pada kategori TNI/Polri Putra, Serda ARM Andy Natanegara dari Pusen Armed menjadi yang tercepat masuk finish dengan catatan waktu 34 menit 16 detik 1 sekon, posisi kedua ditempati Serda Ferian Dicky dari Disjas TNI AD dengan waktu 34 menit 27 detik 5 sekon dan Letda Mar Marchel G., dari Pasmar-2 Jakarta sebagai juara ketiga dengan catatan waktu 36 menit 10 detik 22 sekon.

Sementara itu, kategori TNI/Polri Putri, juara pertama direbut Serda Kowad Arcia Febra Novera dari Kupus II dengan catatan waktu 38 menit 25 detik 46 sekon, Serda APM/W Ni Luh Putu M dari Lantamal V berada di urutan kedua dengan catatan waktu 39 menit 59 detik 65 sekon dan Sermatutar (S/W) Catur Arum Nuryani sebagai juara ketiga dengan catatan waktu 43 menit 57 detik 18 sekon.

Seluruh rangkaian acara diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Staf Koarmatim Laksma TNI Roberth Wolter Tapangan, Wadan Pasmar-1 Kolonel Marinir Siswoto, Wadan Lantamal V Kolonel Marinir Nana Rukmana, Asrena Dankormar Kolonel Marinir Edy Prakoso, Dansatfib Koarmatim Kolonel Laut (P) Retiono, Komandan Lanmar Surabaya Kolonel Marinir Mauriadi, para asisten Danpasmar-1 dan 2 serta dankolak/satlak di Pasmar-1.(*)

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017