Sidoarjo (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur akan melakukan perbaikan sejumlah jalan rusak dengan cara swakelola pascaterjadinya banjir yang melanda sejumlah kecamatan di kabupaten setempat selama beberapa hari terakhir.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Sigit Setyawan, Senin mengatakan, dengan pelaksanaan swakelola tersebut maka, proses perbaikan jalan rusak akibat banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sidoarjo bisa segera diselesaikan.

"Untuk tahap awal ini, kami terlebih dahulu melakukan pendataan daerah mana saja yang harus dilakukan perbaikan supaya seluruh proses perbaikan jalan yang ada di Sidoarjo ini tertib administrasinya, termasuk berapa dana yang dibutuhkan," ucapnya.

Menurutnya, saat ini hampir seluruh jalan yang ada di Kabupaten Sidoarjo mengalami kerusakan, terutama untuk daerah di Porong yang sempat mengalami banjir dalam beberapa pekan terakhir itu.

"Oleh karena itu, proses pemeliharaan jalan yang tidak masuk dalam anggaran akan dilakukan dengan swakelola supaya jalan yang ada di wilayah setempat bisa segera dilakukan perbaikan," ujarnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya akan terus melakukan perbaikan jalan di sejumlah tempat di Kabupaten Sidoarjo yang mengalami kerusakan usai terjadinya bencana banjir yang melanda wilayah Sidoarjo ini.

"Kami akan terus berusaha supaya perbaikan jalan yang ada di Kabupaten Sidoarjo ini bisa berjalan dengan maksimal, meskipun anggaran yang ada masih belum.mampu menutupi semua kebutuhan perbaikan jalan tersebut.

"Saat ini kami juga sudah melakukan perbaikan di sejumlah jalan di Sidoarjo seperti di Bulang-Prambon, Krembung dan juga di beberapa lokasi yang lainnya," ujarnya.

Sebelumnya, hujan deras mengakibatkan terjadinya bencana banjir yang melanda sejumlah kecamatan dan desa yang ada di Kabupaten Sidoarjo seperti di Kecamatan Porong Tanggulangin dan juga jabon.

Susuai data yang dikeluarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sidoarjo, sebanyak 21 desa di wilayah tersebut terendam banjir dan juga mengakibatkan sejumlah ruas jalan di tempat tersebut mengalami kerusakan.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017