Jember (Antara Jatim) - Okupansi penumpang kereta api di wilayah Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur, meningkat selama libur panjang akhir pekan ini dan seiring dengan normalnya kembali jalur kereta di kawasan Porong.

"Sejumlah rangkaian kereta api tujuan Surabaya seperti KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara Timur siang dan malam relasi Banyuwangi-Surabaya untuk keberangkatan 3 Desember 2017 sudah penuh," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Luqman Arif di Kabupaten Jember, Minggu.

Jumlah penumpang kereta api di Daop 9 Jember sempat menurun drastis akibat banjir yang menggenangi rel kereta di kawasan Porong, bahkan petugas di Stasiun Jember tidak menjual tiket langsung (go show) untuk rangkaian KA Logawa relasi Jember-Purwokerto dan KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon selama beberapa hari.

"Alhamdulillah okupansi penumpang kembali normal, bahkan pada akhir libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pekan ini meningkat 5 persen dibandingkan hari Minggu biasanya karena penumpang sudah jauh-jauh hari memesan tiket kereta untuk berlibur ke sanak saudaranya," tuturnya.

Menurutnya jalur rel di kawasan Porong sudah bisa dilalui dengan kecepatan 20 kilometer per jam karena sebelumnya kecepatannya terbatas yakni 5 km/jam pada Sabtu (2/12) dengan KA Mutiara Timur relasi Banyuwangi-Surabaya yang menjadi kereta perdana yang melintasi rel yang terendam banjir tersebut.

"Lonjakan penumpang pada libur akhir pekan ini didominasi oleh kereta lokal yakni KA Pandanwangi relasi Jember-Banyuwangi PP yang terisi 100 persen," katanya.

PT KAI Daop 9 Jember tidak menambah rangkaian kereta selama libur panjang yang bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW karena jumlah rangkaian yang ada masih mencukupi untuk mengangkut penumpang selama liburan panjang akhir pekan ini.

Di Daop 9 Jember, setiap hari tercatat tujuh keberangkatan KA jarak jauh yakni KA Mutiara timur siang dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, KA Mutiara timur malam dengan relasi Banyuwangi-Surabaya, kemudian KA Sri tanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan.

Selanjutnya KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya,  KA Tawang alun relasi Banyuwangi-Malang, KA Logawa relasi Jember-Purwokerto, dan KA Rangga jati relasi Jember-Cirebon, sedangkan untuk KA lokal tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA lokal Pandan wangi relasi Jember-Banyuwangi PP.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017