Kediri (Antara Jatim) - Emil Elestianto Dardak yang merupakan Bupati Trenggalek yang juga calon pendamping Khofifah Indar Parawansa di Pemilihan Kepala Daerah (Pilada) Jatim 2018, menemui Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Kota Kediri, KH Anwar Iskandar secara diam-diam.
    
Dari pantauan, Emil datang ke pondok pesantren tersebut, pada Sabtu siang dengan sejumlah orang. Emil langsung masuk ke dalam ruangan, sementara sejumlah orang yang sebelumnya ikut bersama dirinya di luar. Wartawan yang datang ke pondok pesantren tersebut juga tidak diperkenankan masuk ke dalam ruangan.
     
Namun, dari pantauan, keduanya terlihat akrab. Mereka bertemu di ruang tamu Gus War, sebutan akrab KH Anwar Iskandar. Tidak jelas apa yang diperbincangkan keduanya. Setelah beberapa lama, mereka akhirnya makan siang bersama.
     
Setelah makan siang dan berbincang, Emil langsung pamitan ke Gus War dari pondok pesantren yang terletak di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kota, Kediri, tersebut. Ia dengan rombongan naik kendaraan dan melanjutkan perjalanan. Ia sebelumnya sempat menjadi pembicara di Kampus Universitas Islam Kadiri (Uniska) Kota Kediri.
     
Emil mengaku, kunjungannnya ke pondok pesantren ini hanya silaturahmi dan tidak ada kaitannya dengan politik. Ia sudah sejak lama diundang ke rumah Gus War dan baru bisa bertemu saat ini.
     
"Ini silaturahmi dan tidak ada hubungannya dengan politik. Saya hanya mengatakan tentang perkembangan Kabupaten Trenggalek," kata Emil saat dikonfirmasi sebelum pulang.
     
Sementara itu, Gus War juga enggan untuk dikonfirmasi terkait dengan kunjungan Emil ke pondok pesantrennya itu. Ia memilih langsung kembali ke dalam rumah setelah mengantarkan Emil dan rombongannya pulang.
     
Gus War selama ini dikenal dekat dengan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf. Bahkan, saat beredar surat dari kiai-kiai sepuh kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk bersama-sama dalam satu barisan dalam menghadapi Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018, Gus War merupakan salah satu kiai yang namanya tercantum dalam surat tersebut.
     
Sementara itu, Emil Dardak juga dikenal sosok yang akan mendampingi Khofifah Indar Parawansa di Pilkada Jatim. Dua partai telah secara resmi mengusung pasangan tersebut yaitu Partai Demokrat serta Partai Golkar. 
     
Pasangan lainnya juga sudah secara resmi mendeklarasikan diri ikut pilkada, yaitu pasangan Saifullah Yusuf serta Abdullah Azwar Anas. Saifullah Yusuf merupakan Wakil Gubernur Jatim sedangkan Abdullah Azwar Anas adalah Bupati Banyuwangi, yang diusung PDIP.
     
Emil menjabat Bupati Trenggalek dengan pasangannya, Wakil Bupati Mochamad Nur Arifin. Pasangan ini terpilih di pilkada dan dilantik pada 2016. Pasangan ini menang telak dengan perolehan suara hingga 76,28 persen dengan masa bakti 2016-2021. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017