Pamekasan (Antara Jatim) - Ketua Partai Amanat Nasional (PAN) Pamekasan, Heru Hudi Prayitno menyatakan, koalisi PAN-PKB untuk Pilkada Pamekasan 2018 tidak akan terpengaruh olah isu perebutan posisi Bakal Calon Wakil Bupati (Bacawabup) yang mulai santer berkembang akhir-akhir ini.

"Dukungan PAN atas PKB yang mengusul Badrut Tamam karena pertimbangan realistik, dan kami sudah menyerahkan sepenuhnya kepada yang bersangkutan siapapun yang mendampingi Bacabup Badrut Tamam selama untuk kebaikan tetap kita dukung," kata Heru di Pamekasan, Minggu.

Heru menjelaskan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan PAN Pamekasan mendukung PKB Bacabup Badrut Tamam maju pada Pilkada Pamekasan 2018.

Selain karena memiliki komitmen kuat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik, ia juga dikenal sosok yang komunikatif, familiar dan transparan, serta jujur.

Faktor usia muda juga menjadi pertimbangan PAN mendukung Bacabup Badrut Tamam maju pada Pilkada Pamekasan 2018.

Menurut Heru, PAN merupakan partai politik yang pertama kali di Pamekasan menyatakan dukungannya pada sosok Badrut Tamam.

"Dan kami mendukung Badrut, bukan untuk memaksakan kader PAN harus menjadi bacawabupnya. Kami menyerahkan sepenuhnya kepada yang bersangkutan selaku user," ujarnya.

Pernyataan Heru ini, berbeda dengan pemberitaan di sejumlah media lokal Pamekasan yang menyebutkan bahwa PAN menuntut jatah Bacawabup, sehingga partai berlambang matahari itu, bersedia memberikan dukungan kepada Badrut Tamam.

"Dukungan PAN untuk Badrut Tamam ini, untuk Pamekasan lebih baik, dan sekali lagi, kami memasrahkan kepada yang bersangkutan mengenai siapa bacawabup hendak digandeng Badrut," ujarnya.

Badrut Tamam merupakan satu dari tokoh Pamekasan yang telah mengumumkan diri kepada publik hendak maju pada Pilkada Pamekasan 2018.

Tokoh lainnya yang juga akan maju memperebutkan simpati masyarakat pada pesta demokrasi yang akan digelar pada 27 Juni 2018 itu, masing-masing Kholilurrahman dan Rudy Susanto.

Kholil merupakan mantan Bupati Pamekasan periode 2008-2013 dan saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI dari PKB daerah pemilihan XI Madura.

Bakal Calon Bupati Pamekasan lainnya ialah Rudy Susanto, mantan Kepala Syahbandar Pesisir Branta, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

Dari tiga bakal calon tersebut, hingga kini baru Badrut Tamam yang sudah memiliki dukungan partai politik, sedangkang Kholil dan Rusy Susanto belum. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017