Bondowoso (Antara Jatim) - Ribuan warga Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Jumat mengikuti pemeriksaan mata dan operasi secara gratis yang digelar oleh Lembaga Pemberdayaan dan Pengembangan Sosial Masyarakat (LP2SM) Bondowoso bekerja sama dengan Yayasan John Fawcett Foundation (JFF) Bali.

"Jumlahnya ada sekitar 2.500 warga yang mengikuti pemeriksaan mata dan operasi mata katarak secara gratis," ujar Ketua Lembaga Pemberdayaan dan Pengembangan Sosial Masyarakat (LP2SM) Bondowoso, Untung Sutrisno di sela acara di Klinik NU Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso.

Dari jumlah peserta yang hadir, lanjut dia, tercatat sebanyak sekitar 200 orang merupakan penderita mata katarak yang dialkaukan operasi gratis. Sedangakn sekitar 500 peserta diantaranya merupakan anak-anak sekolah dasar.

Tidak hanya pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis, katanya, program sosial dari LP2SM, Pemkab Bondowoso dan Yayasan John Fawcett Foundation (JFF) yang berkantor di Bali, juga memberikan kacamata gratis serta protesa mata secara gratis kepada masyarakat kurang mampu.

"Kegiatan pemeriksaan mata dan operasi katarak gratis ini akan berlangsung selama empat hari atau mulai 17 hingga 20 November 2017. Dan setiap harinya dibagi sekitar 750 orang," katanya.

Untung menambahkan, program sosial itu merupakan upaya untuk membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan dasar kesehatan kepada masyarakat, utamanya bagi warga yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Sementara Bupati Bondowoso Amin Said Husni dalam sambutannya menyampaikan mengapresiasi yang besar akan kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis tersebut dan turut mendukung program kesehatan yang sejatinya merupakan tugas dari pemerintah.

"Inilah bentuk kebersamaan yang indah, dimana kita dapat tanpa melihat asal, suku, RAS, agama dan segala macam. Kita, atas dasar panggilan nurani kemanusian membantu sesama," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017