Kediri (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur, memberikan perhatian pada perempuan untuk menjadi panitia pemilihan kecamatan (PPK), yang bertugas menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kediri yang dilakukan secara serentak pada 2018.
     
"Kami betul-betul punya atensi untuk perempuan. Dari lima PPK ada dua yang perempuan," kata Komisioner KPU Kota Kediri Mamnun di Kediri, Selasa.
     
Ia mengatakan, KPU Kota Kediri telah menetapkan anggota PPK untuk pilkada di kota ini. Jumlah anggota PPK yang sudah diputuskan adalah 15 orang untuk tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Pesantren, Kota, dan Mojoroto.
     
Pengumuman PPK itu, kata dia, sudah dilakukan oleh KPU Kota Kediri. Mereka sebelumnya telah melalui seleksi yang cukup ketat dan tes. Seleksi itu misalnya tes tulis dan wawancara. Setiap calon anggota PPK diseleksi untuk mengetahui kemampuan mereka, terutama terkait dengan pilkada. Beberapa tes itu misalnya tes pengetahuan tentang pilkada, kewilayahan, pengalaman, hingga rekam jejak. 
     
Selain pemilihan PPK, KPU Kota Kediri juga melakukan seleksi untuk memilih panitia pemungutan suara (PPS). Jumlah kelurahan di Kota Kediri adalah 46 kelurahan, dimana setiap kelurahan ada tiga PPS. Mereka saat ini juga masih proses seleksi.
     
"Untuk PPS saat ini masih proses seleksi. Tiap kelurahan kami lakukan seleksi dan untuk PPS hari ini seleksinya terakhir. Nantinya, setiap kelurahan ada tiga PPS," katanya.
     
Lebih lanjut, Mamnun juga mengatakan dalam proses seleksi tersebut, KPU juga telah mendapatkan surat edaran dari KPU pusat terkait dengan periodesasi. Setiap panitia tidak diizinkan untuk menjabat hingga dua periode, yaitu rentang 2010-2015, 2015-2019.
     
Namun, selama proses seleksi, Mamnun mengatakan tidak ada masalah. Seluruh peserta diseleksi dengan baik dan sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. Selain memerhatian kuota perempuan, untuk periodesasi juga mendapatkan perhatian serius.
      
Mamnun mengatakan semua panitia itu setelah diumumkan akan dilantik. Rencananya, pelantikan dilakukan pada 22 November 2017. KPU Kota Kediri juga akan meresmikan pilkada di GOR Jayabaya, Kediri, yang dikemas dengan berbagai kegiatan seperti pentas musik dan kesenian. Peresmia itu direncanakan pada 25 November 2017. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017