Mumbai, (Antara) - Konsulat Jenderal RI di Mumbai, India menyelenggarakan pameran "Indonesia Expo 2017", 3-5 November, dengan menggandeng puluhan Unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai wilayah di Indonesia.

Konsul Jenderal RI di Mumbai Saut Siringoringo mengatakan dalam sambutan pembukaan Indonesia Expo 2017 di World Trade Center (WTC) Mumbai, Jumat bahwa membuka pasar bagi UMKM Indonesia ke India menjadi salah satu tujuan utama penyelenggaraan pameran tersebut.

"Kita harapkan teman-teman yang hadir ini dapat bertemu langsung dengan pembeli, bukan hanya di saat acara, tapi juga mencari mitra, menjadi 'long term partner'," kata dia.

KJRI Mumbai bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Luar Negeri, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengundang 47 UMKM dari berbagai wilayah di Indonesia, antara lain Jawa Tengah (Jepara), DKI Jakarta, Jawa Timur (Malang, Madura), Bali, dan Bengkulu.

"Saya senang sekali UMKM bisa ikut serta pada expo kali ini, jumlah peserta meningkat 30 persen dari expo tahun lalu," ujar Saut.

Titik Kurniasih, pemilik UMKM Unik Kreasi, Jakarta, membenarkan pernyataan Konjen RI di Mumbai bahwa agenda utama keikutsertaannya adalah mencari pembeli jangka panjang.

"Kita jujur ada perasaan minder karena 'craft' India juga bagus-bagus, tapi tujuan utama kita 'kan mencari 'buyer' jangka panjang ya, jadi insya Allah pasti ada," tuturnya.

Titik memutuskan membawa produk kerajinan tas dari serat pandan, serat enceng gondok, dan akar palem (alge), setelah mengetahui hasil kerajinan utama perajin India adalah perhiasan dan aksesoris.

Produk UMKM yang dipamerkan di Expo Indonesia 2017 Mumbai, bervariasi dari ukiran kayu, mebel kayu dan rotan, aksesoris, tas, dan kain tradisional, seperti batik dan songket.

Peserta juga berasal dari pemerintah daerah di Indonesia, yakni Provinsi Bengkulu dan Kota Malang, Jawa Timur yang selain memamerkan produk-produk UMKM, juga mempromosikan pariwisata di daerah tersebut.

Selain peserta dari UMKM, Expo Indonesia 2017 juga diikuti perusahaan-perusahaan Indonesia di India, seperti Japfa Comfeed India dan Inbisco India (PT Mayora), serta Garuda Indonesia.(*)

Pewarta: Azizah Fitriyanti

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017