Jakarta (Antara Jatim) - Sebanyak 100 koperasi besar di Indonesia didokumentasikan dalam sebuah buku berjudul 100 Koperasi Besar Indonesia 2017 yang diluncurkan oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah AAGN Puspayoga.

Menteri Puspayoga meluncurkan buku yang ditulis oleh Irsyad Muchtar itu di Auditorium Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Senin.

Pada kesempatan itu Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring mengatakan terbitnya buku tersebut menjadi bukti bahwa bisnis koperasi pun mampu merambah ke skala usaha yang besar.

"Ini adalah suatu kegiatan yang menunjukkan bahwa koperasi di Indonesia ini banyak yang berkualitas," tuturnya.

Bahkan saat ini, kata dia, sudah ada koperasi yang mampu mendulang aset lebih dari Rp7 triliun dan volume usaha lebih dari Rp5,7 triliun.

"Ke depan kita mengharapkan koperasi bisa lebih aktif dalam penyaluran KUR. Sebagaimana pemerintah telah memberikan bantuan subsidi untuk bunga dan juga 70 persen dari penjaminan," kata Meliadi.

Hal serupa juga diutarakan Irsyad Muchtar, penulis buku 100 Koperasi Besar Indonesia 2017 bahwa berdasarkan hasil survei yang dilakukannya selama dua tahun terakhir, bisnis koperasi skala besar terus tumbuh di berbagai daerah di Tanah Air.

Menariknya, kata dia, koperasi berskala besar justru berkembang di kota-kota yang terbilang relatif kecil.

Irsyad menambahkan bahwa koperasi saat ini sudah banyak dipimpin dan dikembangkan oleh kaum muda berusia di bawah 25 tahun.

Selain itu, kemampuan koperasi untuk tanggap dengan perubahan teknologi yang berkembang kini juga menggembirakan.

"Hampir semua koperasi besar, kini familiar dengan teknologi informasi. Bahkan banyak koperasi yang membangun jaringan usahanya berbasis digital dan melakukan transaksi online, sebagaimana layaknya perbankan," kata Irsyad.

Dalam acara peluncuran buku 100 Koperasi Besar Indonesia 2017 tersebut, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menyerahkan piagam dan tropi kepada sejumlah koperasi besar yang kinerjanya dianggap menonjol.

Sebanyak 13 koperasi mendapat penghargaan sebagai pengelola Aset Terbesar, Volume Usaha Terbesar, CSR Terbaik, dan IT Terbaik.

Adapun 13 koperasi penerima penghargaan tersebut diantaranya adalah Kopdit Lantang Tipo, KSPPS UGT Sidogiri, Koperasi Setia Bakti Wanita Surabaya, Kisel Jakarta, Kospin Jasa Pekalingan Jawa Tengah, Koperasi Pusat Susu Bandung Utara Lembang, Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia.

Selain itu, Koperasi Astra Internasional, Koppas Srinadi, Kopdit Keling Kuman Sintang Kalbar, Koperasi Agro Niaga Jabung Malang Jawa Timur, Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama Bogor Jawa Barat, dan Healthcare Mandiri Jakarta. *

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017