Surabaya (Antara Jatim) - Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk mendukung pemerintah dalam mengembangkan infrastuktur jaringan melalui program "Universal Service Obligation" (USO) atau Kewajiban Pelayanan Universal, sebagai bagian peringatan hari jadi ke-21 perusahaan itu.

Direktur Service Management Officer XL Axiata, Yessie D Yosetya dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya, Senin mengatakan proses pembangunan jaringan telekomunikasi tersebut saat ini sedang dilakukan secara bersamaan di empat provinsi, dan diharapkan akan selesai selambatnya sebelum akhir tahun 2017. 

Ia mengatakan, jaringan tersebut mencakup 40 titik lokasi "Base Transceiver Station" (BTS) yang hampir semuanya berlokasi di daerah terpencil.
 
"Ini tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi XL Axiata untuk secara aktif mendukung pemerintah melakukan upaya pemerataan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi termasuk pembangunan jaringan melalui program USO di daerah-daerah terpencil sesuai dengan rencana pembangunan yang disusun oleh pemerintah," katanya.

Yessie mengaku tidak akan menyia-nyiakan kepercayaan yang diberikan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan jaringan ini sebaik mungkin sesuai dengan harapan pemerintah
 
Yessie mengharapkan, dengan menyediakan jaringan telekomunikasi dan data/internet di sejumlah wilayah, maka daerah-daerah terpencil segera dapat memanfaatkannya untuk mengejar ketertinggalan, sekaligus mempercepat pembangunan nasional yang dilaksanakan pemerintah.
 
Ia menyebutkan, lokasi pembangunan ada di 40 titik jaringan telekomunikasi yang terdiri dari Provinsi Kalimantan Barat, yang meliputi Kabupaten Ketapang, Bengkayang, Sambas, Sanggau,  Landak, dan Kayong Utara. 

Selanjutnya di Kalimantan Selatan, yaitu di Kabupaten Tabalong, dan di Nusa Tenggara Barat meliputi Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat, dan Bima, serta di Sulawesi Tenggara yang meliputi Kabupaten Konawe Kepulauan. 

"Semua daerah tersebut saat ini masih cukup terbatas dari jangkauan layanan telekomunikasi dan terutama layanan internet berkecepatan tinggi, dan melalui program USO diharapkan mendapat layanan telekomunikasi dan data/internet berkecepatan tinggi, sehingga kesenjangan digital yang terdapat di wilayah-wilayah tersebut dapat dikurangi," katanya.

Sementara itu, hingga saat ini XL Axiata telah melayani masyarakat Indonesia dengan layanan Internet cepat 4G LTE di 388 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, dengan dukungan lebih dari 93 ribu BTS, termasuk lebih dari 14 ribu BTS 4G.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017