Surabaya (Antara Jatim) - Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya melakukan soft launching sebuah ruang inovasi atau technopark yang dinamakan UMSurabaya Technopark (U-Techno) bersamaan dengan acara wisuda ke-41 di Surabaya, Sabtu.

"Technopark ini adalah sebuah ruang yang berisi karya-karya inovasi mahasiswa dan dosen. U-Techno adalah bentuk komitmen kampus untuk mendorong inovasi dalam negeri," kata Rektor UM Surabaya Dr Sukadiono usai mewisuda 760 wisudawan.

Suko, sapaan akrabnya, mengatakan berdasarkan data yang ada selama dua atau tiga tahun terakhir, kampusnya telah banyak menghasilkan produk inovasi, antara lain di bidang kesehatan, teknologi, pendidikan dan bidang-bidang lain. "Berangkat dari hal tersebut UMSurabaya menginisiasi sebuah ruang inovasi tersebut," tuturnya.

Dalam launching itu, sebuah video profil produk-produk yang telah dihasilkan sivitas akademika UM Surabaya diletakkan dalam U-Techno. Kemudian para undangan akan melihat U-Techno melalui kaca mata Virtual Reality (VR) pembangunan U-Techno.

Suko menjelaskan, penggunaan Virtual Reality dan Augmented Reality selain untuk memamerkan produk fisik juga sebagai upaya kampusnya untuk memberikan terobosan pada ruang pembelajaran yang dikemas dalam bentuk virtual.

Nantinya di U-Techno, kata Suko, pengunjung akan dibantu dengan alat yang bemama VR Glasses atau kacamata virtual untuk melihat dan masuk ke dalam game virtual yang berisi tentang teknologi dan inovasi mahasiswa serta melihat kampus UM Surabaya dalam bentuk virtual.

"Jadi U-techno yang akan kita bangun ini tidak memerlukan bangunan tisik yang besar karena kami memanfaatkan teknologi. Kami menargetkan bulan Januari 2018 para pengunjung bisa menikmati U-Techno. Kami bemarap apa yang kita inisiasi ini dapat bermaniaat bagi khalayak luas," tuturnya.(*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017