Malang (Antara Jatim) - Wali Kota Malang Moch Anton mengemukakan olahraga merupakan media yang sangat strategis dalam pembinaan kemasyarakatan, khususnya generasi muda, sebab melalui olahraga akan tercipta generasi muda yang berkarakter.

"Berbagai upaya harus terus dilakukan untuk meningkatkan potensi generasi muda sesuai dengan kemampuan dan bidangnya masing-masing, salah satunya adalah pembinaan dalam bidang keolahragaan," kata Moch Anton saat membuka Liga Mahasiswa (Lima) Futsal National 2017 di Sport Center Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang di Malang, Jawa Timur, Rabu malam.

Selama 14 hari ke depan,  ada 54 tim perguruan tinggi (PT) dari berbagai penjuru negeri saling beradu skill menggocek bola di Sport Center UIN Maliki tersebut.

Menurut Anton, generasi muda merupakan potensi bangsa yang perlu dibina untuk menciptakan tunas-tunas bangsa yang mandiri, kreatif, terampil dan berkualitas. Melalui olahraga tidak hanya mendapatkan tubuh yang sehat, namun mampu mewujudkan pikiran yang sehat dan membangun solidaritas serta kebersamaan yang kuat.

"Melalui pelaksanaan Liga Mahasiswa ini, saya berharap agar para peserta tidak hanya dapat semakin mengharumkan nama daerahnya masing-masing. Tapi juga turut membawa nama Indonesia sampai ke kancah internasional," ucapnya.

Ia mengemukakan berbagai daya dan upaya harus terus dilakukan. Salah satunya dengan memberikan pembinaan kepada para atlet untuk mencetak atlet berprestasi melalui proses latihan yang harus dijalankan dengan baik serta kompetisi.

"Kompetisi seperti ini penting agar proses latihan yang diterapkan dapat diuji dan dievaluasi," tuturnya.

Sementara itu, GM Liga Mahasiswa Rida Ahmad mengatakan pelaksanaan Lima Futsal tahun ini digelar selama 14 hari untuk tingkat Jawa Timur dan diikuti oleh 40 perguruan tinggi. Sedangkan di tingkat nasional diikuti oleh 14 perguruan tinggi.

Menurut Rida, pelaksanaan Lima 2017, sengaja dilaksanakan di Kota Malang karena Kota Malang merupakan kota pendidikan yang berprestasi dan sangat kondusif.  "Saya berharap Liga Mahasiswa yang membidangi olahraga futsal, badminton, basket dan lainnya juga dapat menggelar kegiatan selain futsal di Kota Malang," katanya.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017