Surabaya (Antara Jatim) - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin didampingi Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol M Iqbal membuka Kejuaraan Bulu tangkis antarmedia 2017 di GOR Sudirman Surabaya, Rabu.

Kejuaraan yang digelar tanggal 18-19 Oktober itu diikuti sebanyak 27 tim dengan 162 peserta dari berbagai media lokal Jatim serta nasional dan akan merebutkan tiket babak final yang digelar di Kota Kudus, Jawa Tengah tanggal 25-16 Oktober mendatang.

Kapolda Jatim usai membuka kejuaraan mengatakan, kegiatan itu bisa menjadi ajang silaturahmi dan komunikasi antarmedia sekaligus sebagai ajang motivasi bagi munculnya bibit-bibit atlet bulu tangkis yang baru.

"Dengan adanya even ini wartawan bisa memotivasi para penggerak bulu tangkis, maupun memunculkan atlet-atlet baru olahraga bulu tangkis. Sebab Jawa Timur terkenal dan fenomenal menghasilkan maestro bulu tangkis, seperti Rudi Hartono," kata dia.

Machfud menambahkan, ke depan, pihaknya menginginkan adanya bibit-bibit atlet bulu tangkis handal yang berasal dari Jatim. Serta membangkitkan gelora perbulutangkisan di Indonesia yang pernah menjadi juara di tingkat Asia maupun internasional.

"Kita dulu pernah menyabet juara berturut-turut, baik Asia maupun internasional. Momen seperti ini diharapkan bisa membangkitkan kembali semangat dan gelora perbulutangkisan di Indonesia. Terlebih di Jatim, pada masanya kita berharap bermunculan atlet pebulutangkis yang handal," ujarnya.

Kejuaraan ini, sambung Machfud, bermanfaat juga bagi kesehatan wartawan yang bergelut dengan pekerjaan hingga lembur malam hari. Machfud menilai gaya hidup wartawan terutama laki-laki cenderung tidak sehat karena tidak lepas dari kopi dan rokok.

"Dengan menyelipkan waktu untuk berolahraga tentunya akan menambah stamina wartawan dalam bekerja. Terpenting lagi bermanfaat bagi kesehatan rekan-rekan wartawan, sehingga dapat berkerja dengan baik dan mengasilkan produk-produk (karya jurnalis) yang bagus," ucapnya.

Program Manager Bakti Olahraga Djarum Foundation Budi Darmawan mengaku kejuaraan ini terkesan istimewa dengan disaksikan unsur Polda Jatim, Polrestabes Surabaya dan Kodam V Brawijaya. Kejuaraan ini, lanjut Budi, merupakan kerjasama Djarum Foundation dengan Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dengan total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp50 juta.

"Kerjasama ini merupakan bagian dan komitmen PB Djarum untuk terus menggelorakan bulu tangkis di Indonesia. Terutama sebagai olahraga yang dapat membawa nama besar Ibu Pertiwi di kancah dunia," kata dia.(*)

Pewarta: willy irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017