Sumenep (Antara Jatim) - Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur melibatkan puluhan mahasiswa setempat untuk menyambut kedatangan puluhan wisatawan mancanegara (wisman).

"Ini salah satu bentuk sinergi kami dengan kalangan kampus, sekaligus menunjukkan kepada mahasiswa tentang adanya wisman yang berkunjung ke kawasan Keraton Sumenep," kata Kepala Disparbudpora Sumenep, Sufiyanto di Sumenep, Rabu.

Pada Rabu, sebanyak 145 wisman dari berbagai negara, di antaranya Jerman, Amerika Serikat, dan Prancis, datang ke Sumenep melalui kapal pesiar "SPV Star Clipper".

Sebanyak 111 wisman berkunjung ke Pantai Sembilan di Pulau Giligenting, Kecamatan Giligenting, dan 34 wisman ke Keraton Sumenep di Kecamatan Kota.

Di Keraton Sumenep itu, sebanyak 16 mahasiswa Universitas Wiraraja (Unija) menyambut kedatangan puluhan wisman dengan menggelar teatrikal batik di Pendapa Agung.

Sebagian dari mereka melakukan gerakan layaknya menari dan sebagian lainnya bertindak sebagai peragawan dan peragawati.

Mahasiswa-mahasiswi yang tampil sebagai peragawan dan peragawati itu mengenakan baju dan busana batik dan "berlenggak-berlenggok" di depan wisman.

Sufiyanto menjelaskan, kedatangan ratusan wisman ke Sumenep itu merupakan rombongan ke-11 yang dibawa oleh perwakilan salah satu biro perjalanan wisata internasional.

Di Pendapa Agung, puluhan wisman tersebut juga disuguhi aneka makanan kecil khas Sumenep, di antaranya kroket singkong, apen, dan rengginang. (*)
Video Oleh Slamet Hidayat

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017