Blitar (Antara Jatim) - Lebih dari 2.500 crosser dari berbagai daerah meramaikan kegiatan "trail adventure" (jelajah trail) menyusuri jalur-jalur ekstrem sepanjang 75 kilometer di kaki Gunung Kelud, Kabupaten Blitar, Jawa Timur  Minggu.
    
Olahraga jelajah alam menggunakan motor trail dan jenis adventure roda dua itu diadakan Kodim 0808 Blitar bekerjasama dengan Gerakan Muda Forum Komunikasi Putra Putri ABRI (GM-FKPPI) Blitar, masih dalam rangka menyemarakkan HUT ke-72 TNI.
    
Selain acara utama trail adventure, panitia juga menyuguhkan aneka hiburan tradisional seperti tari jaranan, barongan, hiburan dangdut serta pameran senjata untuk memperkenalkan peralatan tempur TNI kepada masyarakat umum.
    
Tampak hadir dalam kegiatan trail adventure yang diklaim sukses besar karena berhasil menggaet ribuan crosser dari berbagai daerah di Indonesia itu Kepala Staf Angkatan Komando Daerah Militer (Kodam) V/Brawijaya Brigjen TNI Widodo Irwansyah.
    
"Trail adventure ini menjadi rangkaian kegiatan yang kami gelar dalam rangka peringatan HUT (ke-72) TNI. Ada beberapa kegiatan lain yang dilakukan TNI, secara nasional maupun di daerah-daerah mulai dari jajaran Kodam, Korem, Kodim bahkan hingga Koramil untuk mengisi HUT TNI ini," kata Kasdam V/Brawijaya Brigjen TNI Widodo Irwansyah.
    
Sebelum datang ke lokasi kegiatan trail adventure di Lapangan Transad Kecamatan Garum Kabupaten Blitar itu, Kasdam didampingi rombongan dari jajaran perwira TNI melakukan kunjungan dan bakti sosial ke empat pejuang yang masih hidup dan kini bermukim di area pemukiman Transad, Desa Sidodadi, Kecamatan Garum.
    
Nama Transad di wilayah Desa Kutukan ini mengacu pada keberadaan kompleks perumahan transmigrasi lokal yang diikuti 70 keluarga pejuang pada 1980-an.
    
Kasdam Widodo Irwansyah bahkan sempat berbincang dekat dengan salah satu tokoh pejuang 1945 Jakimun (87) yang masih sehat dan cukup bugar, untuk memastikan kondisi dan kesejahteraan para purnawirawan yang di lingkungan Transad kini hanya tersisa empat orang tersebut.
    
"Beliau menyampaikan aspirasi untuk diberikan tempat di taman makam pahlawan jika nantinya sudah berpulang. Kami tentunya akan memenuhi, karena mereka adalah pejuang kemerdekaan yang harus dihormati dan mendapat kehormatan sebagai bagian dari pahlawan bangsa," kata Widodo Irwansyah.
    
Usai bercengkerama sejenak dengan tokoh pejuang Jakimun, Kasdam didampingi Komandan Kodim (Dandim) 0808 Blitar Letkol Arh Surya Dhani serta jajaran perwira TNI lain, beberapa perwira polisi dari Polres Blitar dan Kota Blitar, Kasdam Widodo Irwansyah dan rombongan segera melanjutkan kegiatan trail adventure bersama ribuan crosser yang telah lebih dulu bersiap di lapangan Transad.
    
Jalur yang dibuat meliputi dua wilayah di kabupaten Blitar yakni Kecamatan Garum dan kecamatan Gadusari.
     
Menurut Komandan Kodim (Dandim) 0808 Blitar Letkol Arh Surya Dhani, trail adventure mereka gelar dalam momentum HUT ke-72 TNI itu bertujuan untuk pembinaan sekaligus membangun persaudaraan dengan sesama crosser dari berbagai daerah di Jawa maupun luar Jawa.
    
"Melalui kegiatan jelajah alam menggunakan trail ini juga kami ingin mengajak para crosser dan masyarakat lainnya untuk lebih peduli dan menjaga kelestarian lingkungan," kata Dandim Surya Dhani.
    
Mereka bahkan tak hanya berlomba menggeber gas kendaraan bermotor roda dua jenis jelajah untuk segala medan itu.
    
Sebagaimana keterangan Kasdam V/Brawijaya, para crosser yang rata-rata berpartisipasi secara berkelompok itu juga melakukan kegiatan bakti sosial kepada masyarakat di beberapa titik jalur yang mereka lalui.
    
Menurut Kasdam kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif dan perlu dikembangkan. Selain sebagai ajang untuk menyalurkan hobi adveture, juga sebagai bentuk silahturahmi dengan pejuang kemerdekaan yang masih hidup. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017